Share
Berkunjung ke Vietnam, Inilah Rekomendasi Kuliner yang Wajib untuk Dicoba!
Dewi Anggriani Siregar
20 October 2023

Vietnam belakangan ini menjadi salah satu negara yang ramai diperbincangkan lantaran berbagai objek wisatanya yang viral dengan bangunan-bangunan uniknya yang bergaya colonial architectural.


Tidak hanya menawarkan banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Vienam juga memililiki sejumlah kuliner khas yang siap memanjakan lidah Anda. Cita rasa makanan Vietnam yang khas ini turut menjadi daya tarik tersendiri bagi negara yang terletak di Asia Tenggara di Semenanjung Indochina ini. Jika berkunjung, berikut adalah beberapa rekomendasi hidangan kuliner khas Vietnam yang wajib Anda coba apabila.

Banh Cuon

BANH CUON

Banh cuon merupakan makanan khas Vietnam yang terbuat dari tepung beras yang lembut dan tipis. Banh cuon biasanya diberi isian sayur dan daging kemudian disajikan dengan kuah kecap, tempura udang, dan gorengan kacang hijau. Cita rasa yang gurih berpadu dengan potongan timun, selada dan bawang goreng tentu akan membuat Anda ketagihan mencoba makanan yang satu ini.

Pho

PHO VIETNAM

Makanan khas Vietnam yang satu ini tentu sudah sangan familiar di telinga Anda. Sebab tidak perlu jauh-jauh ke Vietnam, pho juga dapat dinikmati di berbagai restaurant di Indonesia. Makanan yang terbuat dari bahan dasar mie putih ini disajikan dengan kuah kaldu yang sedap dan potongan daging serta tauge dan daun ketumbar.

Com Rang

COM RANG

Com Rang sebenarnya merupakan nasi goreng khas Vietnam. Layaknya nasi goreng pada umumnya, com rang terbuat dari nasi yang digoreng bersama perbumbuan lain seperti minyak wijen, saus tiram, lada, bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabai hijau, dan garam. Bedanya, com rang menggunakan sayuran khas Vietnam yakni bia hanoi yang membuat rasa dan aroma nasi goreng ini menjadi sangat khas.

Gui Cuon

SPRING ROLLS

Makanan yang satu ini memiliki tampilan yang sangat cantik dan unik. Terbuat dari kulit lumpia yang tipis dan transparan, gui cuon atau lumpia khas Vietnam ini berisi udang rebus dan sayur-sayuran yang dapat Anda nikmati dengan mencocolnya ke daam saos kacang yang gurih dan sedap.

Banh Bao

BANH BAO

Kuliner khas Vietnam yang satu ini seringkali dijadikan oleh-oleh apabila berkunjung ke Vietnam. Jika dilihat sekilas, banh bao ini tampak seperti bakpao Indonesia yang terbuat dari roti kukus dan berisikan daging cincang, bedanya banh bao juga dilengkapi dengan telur puyuh.