Share
Berkunjung ke National Art Museum of China dan Menikmati Karya Seni Kontemporer Tiongkok
Novita Angelina
28 January 2022

National Art Museum of China merupakan museum seni terbesar di China yang terletak di Dongcheng District, Beijing. Museum ini berusaha mengumpulkan, memajang, dan meneliti karya-karya para seniman di China pada zaman modern.


Di National Art Museum of China ini Anda tidak hanya dapat menemukan lebih dari 100.000 karya seni kontemporer Tiongkok namun juga terdapat lebih dari seribu karya asing yang disajikan sebagai bagian dari koleksi permanennya. Bagunan yang memiliki luas 30.000 meter persegi ini terdiri dari bangunan utama empat lantai, di mana tiga lantai yang pertama merupakan area pajangan. yang selalu menarik untuk dikunjungi.

Museum ini mulai dibangun sejak tahun 1958 dan selesai di tahun 1962. Kementerian budaya membantu mendanai pembangunan museum ini. Walaupun sempat mengalami renovasi dan diperluas pada awal tahun 2000-an, namun pemerintah tetap mempertahankan gaya asli museum yaitu berupa loteng tradisional Tiongkok kuno.

Bangunan utama museum dikelilingi oleh koridor dan paviliun yang beratap, dengan bagian ubin kaca berwarna kuning. Di dalam bangunannya terdapat 20 ruang pameran yang menampilkan tidak hanya karya seni Tiongkok kuno dan kontemporer serta karya seni Barat yang terkenal.

Di museum ini Anda dapat menemukan beragam koleksi karya seni, seperti lukisan tradisional Tiongkok, lukisan cat minyak, cetakan, patung, lukisan Tahun Baru, cerita bergambar tradisional, karikatur, cat air, lukisan pernis, layang-layang, tembikar dan porselen, kostum rakyat, mainan, dan topeng.

Dalam sejarahnya, National Art Museum of China ini telah menyelenggarakan ribuan pameran yang menampilkan banyak karya seni nasional dan internasional. Museum ini menjadi yang pertama di Cina dalam membuat departemen pendidikan publik. Menurut info yang beredar, museum ini rencananya akan direnovasi menjadi tujuh kali lebih besar dari bangunan saat ini dengan bekerja sama dengan Institut Desain Arsitektur Beijing.