Share
Berikut Koleksi Vivienne Westwood Bridal Spring 2023 untuk Inspirasi Gaun Pengantin!
Putrika Annaya Salsabila
25 September 2023

Tidak pernah mengecewakan, koleksi Bridal Spring 2023 dari Vivienne Westwood bisa menjadi inspirasi untuk para calon pengantin!


Jika berbicara tentang Vivienne Westwood, mungkin hal pertama yang muncul di benak orang-orang adalah ciri khas jenama ini yang eksentrik dan unik. Brand ini biasanya didominasi dengan motif kotak-kotak, pemilihan warna yang kontras, korset yang dimodifikasi, serta perhiasan mutiara dengan logonya yang sangat khas.

Namun, ketika Vivienne Westwood mengeluarkan koleksi bridal pada tahun 1996, ternyata antusias publik sangat tinggi terbukti dari banyaknya pesanan yang masuk untuk koleksi tersebut. Bahkan hingga sekarang, koleksi gaun pengantin dari jenama ini masih memukau, terutama untuk para calon pengantin.

Apa yang membuat gaun-gaun Westwood begitu menggoda bagi calon pengantin? Bagi sebagian, itu adalah kemampuannya yang luar biasa dalam menyesuaikan dan memperindah bentuk tubuh wanita. Westwood memiliki pemahaman tentang bentuk tubuh wanita, menciptakan sensasi dan daya tarik bukan melalui kelemahan, tetapi lewat struktur dan percaya diri.

Vivienne Westwood 1

Bagi yang lain, memilih gaun pengantin Vivienne Westwood adalah bentuk semangat pemberontak gaya dalam merencanakan pernikahan—suatu tradisi yang seringkali dipenuhi dengan formalitas. Pernikahan bisa terasa membosankan, membatasi peran pengantin wanita dan menekan sensualitasnya, tetapi Westwood mengguncang konvensi ini.

Dengan gaunnya, pernikahan menjadi perayaan cinta dan komitmen, dengan pengantin wanita yang terbalut dalam gaun dan korset yang dirancang dengan mahir, memancarkan kekuatannya.

Untuk tahun 2023, Vivienne Westwood kembali dengan koleksi Bridal Spring 2023 yang tentunya tidak mengecewakan.

Vivienne Westwood 2

Koleksi busana pengantin Vivienne Westwood untuk tahun 2023 tersaji dalam dua koleksi yang memukau: Made to Order dan Couture. Koleksi ini mengambil inspirasi dari langit malam, mengabadikan bentuk, warna, dan fenomena kosmik. Setiap gaun disertai dengan ekor, jubah, dan bolero yang menawan serta melengkapi setiap siluet.

Bukan hanya mengutamakan keindahan, koleksi ini juga fokus pada keberlanjutan. Dua belas gaun dari koleksi Made to Order dibuat di Inggris menggunakan sequin daur ulang, poliester, serta viscose dan asetat yang bersumber dengan tanggung jawab.

Bahkan lapisan gaunnya dibuat dari bahan-bahan sisa dari musim-musim sebelumnya, mencerminkan komitmen Westwood terhadap mode yang berkelanjutan.

Vivienne Westwood Bridal 3

Gaun Astral, yang tersedia dalam putih berkilau atau hijau zamrud, memiliki siluet yang menawan dengan leher menjulang dan lengan panjang yang dirajut. Sementara gaun Comet yang pendek dibuat dari sutra satin mewah, menampilkan ekor gaun yang menjuntai secara asimetris dan dapat diikat atau dipakai di atas bahu dengan sabuk pinggang.

Lalu, Auroras adalah gaun pendek bertali korset yang tersedia dalam organza renda di atas gazar atau taffeta daur ulang. Pilihan lain yang memikat termasuk Eclipse, Galaxy, Galaxy Cape, Minerva, Nebula, Luna, dan Nova Cora, masing-masing menawarkan versi panjang atau mini dengan opsi Diva Train untuk drama tambahan.

Vivienne Westwood Bridal 4

Untuk koleksi Couture, terdapat sembilan gaun yang luar biasa, masing-masing dengan inspirasi langit bintang yang khas. Luminara, gaun kontemporer dengan potongan bias dalam lurex crepe dan korset waspie yang dihiasi dengan kristal dan benang perak dalam pola renda cinta klasik, memancarkan elegansi yang memikat.

Gaun Interstellar, dengan siluet yang terjaring dan berkorset serta leher yang berbentuk hati asimetris dengan ekor gaun yang dramatis sepanjang empat meter serta dihiasi dengan renda metalik perak yang mencolok pada tulle. Melengkapi koleksi ini adalah Angelica Mini, Angelica Cloud, Cassiopeia, Stella, Supernova, Moonlight, dan Lyra—masing-masing adalah karya seni yang memukau dengan ciri khasnya sendiri.