Share
Berikut Jenis Olahraga Yang Membentuk Otot, Cocok Untuk Para Pria
Venisa Ruth
22 September 2021

Sebagian pria lebih menyukai bentuk tubuh berotot. Mereka pun rutin melakukan olahraga untuk meningkatkan massa otot, agar memiliki bentuk tubuh dan berat badan yang diinginkan sehingga penampilan terlihat lebih menawan.


Jika Anda termasuk orang yang ingin membentuk massa otot, lakukanlah jenis olahraga yang fokus melatih otot-otot besar di tubuh. Misalnya, otot dada, otot punggung, dan otot kaki. Beberapa jenis olahraga berikut juga berfungsi untuk meningkatkan massa otot yang dapat Anda jadikan pilihan.

Pull-up

Latihan pull-up bertujuan untuk membangun otot bagian lengan, bahu, serta dada. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan pull-up bar atau menggunakan pegangan yang bisa menopang tubuh. Letakkan kedua tangan Anda seperti hendak menggenggam, lalu angkat tubuh hingga dagu melewati pull-up bar, lakukan selama 10-15 pengulangan.

Bench Press

Bench press adalah latihan beban yang berfokus pada tubuh bagian atas. Jenis olahraga ini biasanya digunakan untuk membentuk otot bagian dada, lengan atas, dan pundak. Untuk melakukannya, Anda dapat berbaring pada bangku yang telah disediakan di bawah palang barbel lalu gunakan kedua tangan mengangkat barbel dengan gerakan naik turun smbil mengatur napas

Deadlift

Deadlift juga merupakan latihan angkat beban yang mirip dengan bench press. Bedanya, jenis olahraga ini dilakukan sambil berdiri tegak. Otot-otot yang dilatih adalah otot punggung bawah, paha depan, bokong, pinggul, dan lengan. Barbel yang diangkat tidak perlu sampai melewati atas kepala. Pada deadlift, Anda hanya perlu menaik-turunkan barbel hingga setinggi pinggul dengan tubuh tegak lurus.

Leg Press

Setelah Anda meningkatkan massa otot pada tubuh bagian atas, jangan lupa untuk mengoptimalkan tubuh bagian bawah. Lakukanlah leg press, karena ini adalah jenis olahraga untuk membentuk otot paha dan kaki. Leg press juga menggunakan alat khusus, sehingga bisa dilakukan di gym. Caranya adalah dengan berbaring pada sandaran yang disediakan, lalu letakkan kedua kaki secara lurus pada alat tersebut. Perlahan turunkan beban sampai lutut menekuk di depan dada, lalu dorong kembali sampai kaki ke posisi semula.

Itulah beberapa olahraga untuk meningkatkan massa otot yang bisa Anda jadikan pilihan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan secara konsisten dan berkelanjutan agar massa otot tetap terjaga.