Share
Berikut Daftar Negara Yang Sudah Menerima Turis Untuk Travelling, Anda Siap untuk Pergi?
Venisa Ruth
12 October 2021

Negara berikut telah mengizinkan kembali wisatawan asing berkunjung, termasuk wisatawan dari Indonesia. Tentunya ada hal-hal yang menjadi syarat masuk ke negara-negara tersebut.


Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke negara-negara tersebut simak dulu apa saja hal-hal yang harus diperhatikan.

1. Turki

Turki telah membuka kembali negaranya untuk para wisatawan asing, baik yang menggunakan visa bisnis maupun visa turis. Saat tiba di Turki, wisatawan harus mendapatkan kode Hayat Eve Sigar (HES) melalui aplikasi secara online. Wisatawan juga harus menunjukan bukti hasil tes PCR negatif yang dilakukan maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Tidak perlu karantina khusus bagi wisatawan yang datang ke Turki dan tidak ada larangan untuk jenis vaksin yang digunakan wisatawan.

2. USA

USA terbuka kembali untuk wisatawan asing termasuk wisatawan Indonesia, baik yang menggunakan visa bisnis maupun visa turis. Wisatawan yang tiba harus menunjukan bukti negatif hasil tes PCR maksimal 72 jam sebelum keberangkatan. Tidak ada larangan jenis vaksin yang digunakan wisatawan. Jika belum divaksin, wisatawan berkesempatan ikut vaksin di USA. Beberapa negara bagian masih memberlakukan karantina bagi wisatawan asing yang tiba. Sebagian lagi tidak perlu karantina. Sebaiknya Anda dapat mengecek dulu sebelum berangkat.

3. Maldives

Maldives memberlakukan bebas visa 30 hari untuk turis Indonesia. Wisatawan yang datang ke Maldives tidak harus sudah vaksin, hanya perlu melampirkan bukti negatif hasil tes PCR yang dilakukan maksimal 96 jam sebelum kedatangan. Saat tiba di Maldives, wisatawan tidak perlu dikarantina. Wisatawan harus mengisi Traveler Health Declaration (THD) secara online dalam waktu 24 jam sebelum kedatangan dan juga saat meninggalkan Maldives. Tidak ada larangan untuk jenis vaksin yang digunakan wisatawan.

4. Uni Emirat Arab (Dubai)

Tidak semua wilayah UEA telah menerima kunjungan wisatawan asing. Namun, salah satu kotanya, Dubai dapat dibilang cukup terbuka bagi wisatawan asing yang datang. Wisatawan harus mengunduh COVID-19 - DXB Smart App sebelum tiba di Dubai. Saat tiba di Dubai, wisatawan harus menunjukan bukti negatif hasil tes PCR yang dilakukan maksimal 48 jam sebelum keberangkatan. Jika terbukti negatif maka tidak ada karantina khusus.