Berencana Untuk Pergi Sendiri, Simak Tips Aman Ketika Solo Traveling
Vina Meliana
11 February 2022

Melakukan traveling sendirian bukan merupakan hal yang mudah. Terutama bagi Anda yang sedang mengunjungi tempat baru yang mengharuskan untuk memahami adat istiadat tempat tersebut.


Meskipun begitu, Anda tidak perlu merasa khawatir. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda untuk melakukan solo traveling dengan aman dan nyaman.

1. Mengatur Plan tempat yang akan dikunjungi

Sebelum melakukan traveling sendiri, maka hal yang pertama adalah mengatur plan traveling seperti tempat yang akan dikunjungi dan juga penginapan untuk kita beristirahat. Tentu dengan mengatur plan dari jauh hari akan membuat Anda menjadi lebih produktif ketika melakukan traveling.

Jika Anda seorang pemula, maka Anda bisa mencari tahu informasi tempat yang akan dikunjungi melalui search engine seperti Google. Pastinya Anda akan mendapatkan informasi yang beragam mengenai tempat asik dan seru.

2. Tertib Sebagai Wisatawan

Dengan mengikuti aturan tempat yang akan Anda kunjungi akan membuat Anda terhindar dari hal yang buruk. Terutama apabila Anda mengunjungi beberapa tempat wisata yang masih memegang aturan dan tradisi yang kental, maka sebagai pengunjung, Anda harus menghargai aturan mereka.

3. Simpan nomor darurat

Ketika melakukan solo traveling, Anda harus lebih waspada akan diri sendiri. Tidak mustahil Anda akan dipertemukan dengan orang jahat atau peristiwa yang tidak terduga yang kerap sekali terjadi. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya Anda menyimpan nomor darurat seperti polisi dan ambulance yang siap siaga untuk membantu Anda.

4. Gunakan teknologi sebagai peta dalam perjalanan

Pada saat ini teknologi sudah mulai berkembang dan teknologi sangat bisa diandalkan sebagai pedoman. Terutama bagi Anda yang akan melakukan traveling sendirian. Anda akan sangat membutuhkan teknologi seperti handphone dan Internet. Kedua hal tersebut sangat dibutuhkan untuk memandu Anda dalam perjalanan.

5. Jangan percaya dengan orang yang tidak dikenal

Sering sekali momen ketika kita sedang solo traveling dimanfaatkan oleh orang-orang yang berniat jahat. Terutama ketika kita sedang terlihat sendirian dan kebingungan, sehingga membuat oknum jahat memanfaatkan momen tersebut. Maka dari itu Anda harus selalu waspada, jika ada orang yang tidak dikenal menawarkan jasa atau benda yang biasa digunakan untuk mengelabui korban.

Walaupun Anda sedang bepergian sendirian, dengan mengikuti tips ini bisa membuat perjalanan Anda akan tetap aman dan menyenangkan.