Share
Berbagai Jenis Pastry Terlezat dari Berbagai Negara yang Wajib Anda Cicipi
Clara Enocensia
10 November 2021

Pastry merupakan salah satu jenis bakery yang memiliki tekstur unik, gurih, dan renyah. Berikut beberapa pastry yang bisa Anda cicipi atau coba buat sendiri di rumah.


Bagi Anda pecinta kuliner, pastinya sudah tidak asing dengan istilah “pastry” yang identik dengan dessert yang didominasi rasa manis. Pada dasarnya, kata “pastry” sendiri berasal dari “patisseri” yang berasal dari bahasa Perancis yang berarti kue. Pastry biasanya terbuat dari campuran tepung, air, dan lemak. Perbedaan rasio masing-masing bahan tersebut akan membedakan hasil akhirnya, sehingga setiap pastry memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Ada yang fluffy, crispy, maupun flaky.
Bila sebagian besar dari kita hanya mengenal croissant, ternyata ada ratusan jenis pastry yang tersebar di dunia. Berikut ulasannya.

1. Scones – Inggris


Pastry ini memiliki ciri khas berupa lapisan-lapisannya yang muncul setelah proses pemanggangan, selain itu teksturnya juga flaky dan mudah remuk. Untuk membuat scones, Anda hanya butuh terigu, baking powder, gula halus, dan mentega yang masih kaku. Bahan-bahan tersebut dibutuhkan dalam kondisi dingin untuk mendapatkan tekstur akhirnya yang renyah dan flaky.

2. Cannoli – Italia

Cannoli merupakan salah satu pastry tersulit untuk dibuat. Mengapa demikian? Sebab Anda membutuhkan beberapa komponen dan teknik yang tidak biasa untuk membuat cangkang maupun isiannya. Untuk membuat cangkang cannoli, dibutuhkan tepung terigu, gula, garam, bubuk kayu manis, mentega dingin, anggur putih, dan juga telur. Kemudian untuk proses pematangan, cangkang cannoli harus di goreng atau dipanggang dengan cetakan khusus agar bentuknya sempurna. Setelah itu, Anda dapat memasukan isian yang terdiri dari dua jenis keju, yaitu ricotta dan mascarpone.

3. Pate Chaud – Vietnam

Pate chaud adalah pastry lembut asal Vietnam yang berisi daging. Pembuatannya pun relatif mudah, Anda dapat membuatnya dengan puff pastry instan yang dijual kemasan. Anda dapat mengisinya dengan daging-dagingan yang telah dibumbui dan ditumis bersama bawang bombay. Olesi telur dan mentega pada bagian luar pastry untuk tampilan yang lebih menarik setelah matang.