Berbagai Jenis Bunga yang Bermanfaat untuk Bahan Kecantikan
Clara Enocensia
29 May 2022

Selain tampilannya yang cantik, beberapa bunga berikut memiliki manfaat untuk kecantikan kulit.


Bunga merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat bagi kecantikan wajah. Bahan alami dinilai cenderung lebih aman digunakan dalam rangkaian perawatan, sehingga diminati oleh banyak orang.

Tak hanya memiliki warna-warni cantik dan aroma yang menarik, bunga memiliki kandungan yang dapat merawat kulit. Berikut beberapa jenis bunga yang memiliki kandungan baik bagi kulit wajah.

1. Calendula

Calendula telah banyak digunakan sebagai bahan dalam produk kecantikan. Hal ini karena minyak calendula memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat menenangkan kulit iritasi. Calendula juga merupakan antiseptic yang dapat bantu mempercepat penyembuhan luka maupun jerawat. Tak hanya itu, calendula bisa menjaga kelembapan kulit.

2. Bunga Matahari

Bunga matahari memiliki manfaat yang dapat menjaga kulit tetap sehat dan biasa digunakan dalam bentuk minyak alami. Seperti namanya, ternyata bunga matahari dapat membantu untuk melindungi kulit dari paparan langsung sinar matahari yang dapat berbahaya untuk kulit karena terdapat kandungan vitamin E di dalamnya.

3. Anggrek

Ekstrak bunga anggrek dapat memberikan kelembapan pada wajah. Kandungan mineral alami pada anggrek, seperti kalsium, zinc, dan magnesium yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Anggrek juga dapat mengatur pigmentasi kulit sehingga warnanya merata dan kulit menjadi lebih halus.

4. Teratai

Lotus kaya dengan kandungan vitamin C, B kompleks, dan mineral lain yang bermanfaat bagi kulit wajah. Selain itu, bunga Teratai juga memiliki sifat antioksidan, yang akan menutrisi kulit dan menjaganya tetap sehat dan awet muda.

Bagi Anda yang bermasalah dengan sebum, bunga teratai dapat dimanfaatkan untuk mengontrol produksi minyak berlebih, sekaligus menjaga kelembapan dan meningkatkan elastisitas kulit.