Berasal dari Abad ke-19, Celana Jeans Levi's Ini Dihargai 1 Miliar Rupiah!
Dewi Savitri
21 October 2022

Celana jeans Levi's ini terjual sebesar 87 ribu dolar AS atau 1,3 miliar rupiah.


Celana jeans Levi's ini merupakan salah satu Levi's tertua yang ditemukan hingga saat ini. Menurut salah satu sumber, celana jeans ini awalnya dilelang di Mexico dan kemudian dibeli oleh kolektor pakaian vintage bernama Zip Stevensin dan Kyle Haupert seharga 75 ribu dolar AS atau 1,1 miliar rupiah.

Celana jeans Levi's ini diperkirakan berasal dari abad ke-19 dan ditemukan oleh seorang sejarawan denim, Michael Harris di sebuah tambang yang sudah tidak lagi beroperasi. Meski sudah berusia ratusan tahun, celana dengan ukuran pinggang 96,5 cm dan panjang 81 cm ini masih dalam kondisi yang baik bahkan masih bisa dipakai.

Dibalik harga yang fantastis untuk sebuah celana jeans nyatanya menyimpan sejarah kelam. Pada celana jeans ini terdapat label yang bertuliskan 'the only kind made by White Labor' atau 'satu-satunya jenis yang dibuat oleh buruh kulit putih'. Label ini berkaitan dengan slogan rasial yang digunakan oleh perusahaan Levi's pada era tersebut selama masa diskriminasi anti-Cina yang meluas di AS.