Share
Beragam Manfaat Tea Tree Oil bagi Kesehatan Kulit.
Clara Enocensia
04 October 2021

Selain terkenal akan manfaatnya untuk meredakan jerawat, tea tree oil juga mampu meringankan gejala psoriasis.


Tea tree oil adalah minyak esensial yang berasal dari daun Melaleuca Alternifolia, tanaman yang berasal dari Queensland dan New South Wales, Australia. Essential oil ini sedang naik daun karena segudang manfaat yang dimiliki, tea tree oil telah terbukti dapat membunuh bakteri, virus, kuman, dan jamur, menjadikan tea tree oil sebagai obat alami yang disukai oleh banyak orang. Berikut adalah berbagai manfaat tea tree oil bagi kesehatan kulit.

Meredakan jerawat

Salah satu manfaat ini adalah yang paling melekat dengan tea tree oil. Penelitian membuktikan bahwa tea tree oil memiliki kandungan yang sama efektifnya dengan benzoil peroksida, kandungan yang biasanya terdapat dalam produk obat jerawat. Oleh karena itu, sudah tidak mengherankan jika tea tree oil memang ampuh dalam merawat dan mengobati jerawat.

Meringankan eksim

Menurut penelitian tea tree oil memiliki kemampuan yang lebih efektif untuk menyembuhkan kulit dengan eksim dibandingkan krim-krim pada umumnya. Anda hanya perlu mencampurkan setetes tea tree oil pada moisturizer, minyak esensial lain, ataupun toner, kemudian aplikasikan pada kulit.

Meringankan kondisi kulit dengan psoriasis

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang ditandai dengan pecahnya kulit merah, gatal, bersisik. Meskipun ada obat yang dapat meringankan gejalanya, kondisi tersebut tergolong kronis dan tidak ada obat yang diketahui. Minyak pohon teh mengandung senyawa anti-inflamasi.
Menurut bukti yang ada, tea tree oil dapat membantu meredakan gejala psoriasis. Campurkan 10-15 minyak pohon teh dengan dua sendok makan minyak kelapa cair. Dan balurkan ke bagian yang membutuhkan dan lakukan 2-3 kali per hari, sesuai kebutuhan.