Beragam Kesalahan yang Menghambat Penurunan Berat Badan saat Menjalankan Diet

Wellness14 October 2021

By Clara Enocensia

Beragam Kesalahan yang Menghambat Penurunan Berat Badan saat Menjalankan Diet

Berikut beragam kebiasaan buruk yang ternyata menghambat keberhasilan diet Anda, simak solusinya dalam ulasan berikut.


Banyak dari kita yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal serta pola hidup yang sehat. Hal ini bisa didapatkan dengan melakukan diet, yang berarti mengatur asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh sehingga Anda tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan. Namun sebagian dari kita kerap salah memahami esensi diet dan cara tubuh bekerja agar berat badan dapat turun, sehingga kita melakukan diet dengan salah dan malah berdampak buruk bagi diri kita. Berikut adalah kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan terkait usaha menurunkan berat badan.

1. Menginginkan hasil instan

Kesabaran adalah kunci dalam diet, faktanya tubuh kita butuh diet selama kurang lebih 1 tahun, untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Kesalahan sering terjadi saat kita mengira dapat melihat hasil diet dalam waktu yang singkat, jadi tidak perlu berkecil hati bila berat badan Anda hanya turun sedikit.

2. Makan terlalu sedikit

Sebagian dari kita masih salah memahami diet sebagai cara menurunkan berat badan dengan mengurangi porsi makan secara drastis atau bahkan melewatkan jam makan. Penelitian telah membuktikan, bahwa melewatkan waktu makan atau makan dengan porsi kecil, akan membuat tubuh kita menimbun banyak lemak. Dalam menjalankan program diet, Anda justru perlu memperbanyak asupan makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan ,protein, dan gandum.

3. Kualitas tidur yang kurang baik

Kedisiplinan serta komitmen kita dalam menjalankan program diet akan sia-sia bila tidak menjaga kualitas tidur dengan baik. Faktanya, kekurangan tidur membuat berat badan kita tidak banyak berkurang bila dibandingkan dengan orang lain yang memiliki kualitas tidur yang baik. Tidurlah selama kurang lebih 7-9 jam setiap malam.