Share
Beragam Jenis Tanaman Bonsai Bernilai Seni Tinggi yang Cocok Dijadikan Dekorasi Rumah
Clara Enocensia
29 December 2021

Bonsai telah dijadikan sebagai tanaman hias bernilai seni tinggi sejak ratusan tahun lalu, berikut jenis tanaman bonsai yang cocok dijadi koleksi dan dekorasi di dalam rumah.



Tanaman bonsai adalah salah satu jenis tanaman yang sangat menarik dan bisa Anda rawat sendiri di rumah. Dengan merawat tanaman sendiri di rumah maka Anda bisa memiliki hobi baru yang positif dan bermanfaat.

Ada banyak sekali jenis tanaman yang bisa Anda tanam di rumah dan menjadi penghias rumah yang baik, salah satunya adalah bonsai. Meski tidak semua jenis tanaman dapat dijadikan bonsai, namun ada jenis tanaman bonsai untuk di rumah yang bisa dipilih sebagai koleksi. Berikut ulasannya.

1. Bonsai Anggur

Pohon anggur merupakan tumbuhan merambat yang cukup sulit untuk dibonsai. Akan tetapi, menampilkan karakter bonsai pohon anggur bersamaan dengan buahnya, menjadi tantangan tersendiri bagi penyuka bonsai.

Pohon anggur secara alami menyukai iklim panas dan sinar matahari yang tinggi. Sifat tersebut yang menjadikan pohon anggur cocok dengan karakter bonsai.

2. Bonsai Maple

Pohon Maple terkenal cantik karena dedaunannya yang berwarna-warni. Pohon Maple memiliki beberapa jenis dengan warna daun berbeda seperti ungu, merah muda dan biru.

Tanaman yang biasa dibudidayakan di Jepang ini akan membuat lingkungan rumah Anda menjadi lebih berwarna dan terlihat lebih hidup.

3. Bonsai Beringin

Koleksi tanaman bonsai di rumah Anda tidak akan lengkap tanpa adanya tanaman bonsai beringin. Bonsai beringin adalah tanaman yang memiliki popularitas sangat tinggi dan menjadi favorit bagi pecinta tanaman. Bentuk batang yang besar dan akar gantung yang sangat indah menjadi daya tarik tersendiri dari tanaman bonsai beringin.

4. Bonsai Kelapa

Pohon kelapa yang tumbuh tinggi menjulang bisa dibuat bonsai. Jenis pohon kelapa yang digunakan untuk bonsai yakni kelapa gading merah, gading susu, dan kelapa albino.

Meski membuat tanaman kelapa menjadi bonsai tidaklah mudah, namun jika berhasil melakukannya akan menghasilkan nilai seni yang tinggi. Di samping itu, harga jual bonsai kelapa pun cukup tinggi berkisar jutaan rupiah. Semakin tua umurnya, bonsai kelapa akan semakin unik dan mahal.