Share
Beragam Cara Menggunakan Essential Oil agar Manfaatnya Terasa Efektif Bagi Tubuh
Clara Enocensia
28 December 2021

Anda dapat menggunakan segenggam botol minyak esensial untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.


Gaya hidup sehat tengah menjadi fokus kebanyakan orang di masa kini. Sebagian dari kita bahkan lebih memilih memilih menggunakan essential oil untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh hingga untuk menurunkan kadar stres.

Essential oil memang terkenal dengan manfaatnya yang beragam bagi kesehatan, namun apakah Anda telah mengenal lebih dalam mengenai cara penggunaan essential oil? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Menghirup uap aromaterapi

Menghirup uap aromaterapi, khususnya minyak kayu putih, dipercaya dapat meringankan gejala pilek dan hidung tersumbat. Caranya, campurkan 1-2 tetes minyak essensial ke dalam wadah berisi air hangat, lalu tundukkan kepala Anda ke atas wadah tersebut dan tutupi dengan handuk.

Hirup uap yang keluar dari air hangat tersebut, selama 5-10 detik.

2. Digunakan bersama diffuser

Salah satu cara yang umum dipakai untuk memanfaatkan essential oil adalah dengan membakar atau membuatnya menguap menggunakan diffuser. Ada berbagai jenis diffuser yang bisa kita pilih, termasuk yang berbentuk keramik dan memerlukan lilin dan diffuser yang berbentuk batangan tumbuhan reed.

Namun, pastikan sirkulasi udara dalam ruangan terjaga dengan baik, sehingga tidak akan terjadi masalah pernapasan bila kita menggunakan aromaterapi.

3. Digunakan saat mandi

Anda juga bisa mencampurkan essential oil dengan carrier oil, kemudian meneteskannya ke dalam air sebelum berendam di dalam bath tub. Hal ini dimaksudkan untuk menambah efek relaksasi saat berendam.