Beragam Bahan Makanan Sehat yang Mengandung Karbohidrat Namun Rendah Kalori

Wine & Dine06 October 2021

By Clara Enocensia

Beragam Bahan Makanan Sehat yang Mengandung Karbohidrat Namun Rendah Kalori

Asupan karbohidrat membuat tubuh menjadi tetap sehat dan bugar untuk menjalankan aktivitas. Berikut adalah bahan makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam diet Anda.


Sebagian dari kita mungkin belum memahami fungsi dari karbohidrat bagi tubuh. Pada dasarnya, karbohidrat adalah salah satu jenis makronutrien yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja dengan optimal. Namun seringkali makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, dianggap sebagai penyebab obesitas.

Makanan cepat saji yang tinggi garam, gula, dan lemak jenuh yang dapat menyebabkan kegemukan. Sementara makanan yang tinggi karbohidrat lah yang menyehatkan, berikut sejumlah sumber makanan tinggi karbohidrat yang menyehatkan bagi tubuh:

1. Oat

Oat adalah salah satu biji-bijian yang kaya akan manfaat dan serbaguna. Secangkir oat mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 5 gram protein, dan 4 gram serat. Tak hanya itu, oat juga mengandung kalsium, kalium, vitamin B6, dan vitamin B3.

Oatmeal diketahui dapat mengontrol tingkat rasa lapar dan meningkatkan produksi hormon kenyang berkat kandungan air dan beta-glucan (serat larut) yang tinggi di dalamnya. Dengan manfaat ini, mengonsumsi oatmeal akan menyebabkan penurunan asupan kalori, menurunkan berat badan, sekaligus menurunkan risiko obesitas.

2. Kacang Merah

Di balik ukurannya yang kecil, kacang merah mengandung beragam nutrisi yang melimpah dan baik untuk kesehatan tubuh. Kacang merah yang dimasak mengandung sekitar 22,8 persen kebutuhan karbohidrat harian dalam bentuk pati dan serat. Selain itu, kacang ini juga tinggi protein, kaya akan vitamin, dan mineral.

3. Bit

Buah bit adalah tanaman yang berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae, masih satu keluarga dengan sayuran lobak dan sayuran berakar. Peminat buah bit kini mulai bertambah banyak sebab buah tersebut memiliki kandungan nutrisi yang melimpah serta manfaat yang baik untuk kesehatan.

Bit sebagai salah satu sumber karbohidrat yang baik serta mengandung nitrat anorganik yang tinggi, senyawa ini akan berubah menjadi oksida nitrat dalam tubuh kita dan sering digunakan untuk meningkatkan kinerja fisik selama latihan ketahanan. Konsumsi buat bit adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.