Share
Beginilah Tradisi Unik di Berbagai Negara saat Rayakan Bulan Ramadan
Dewi Anggriani Siregar
07 April 2022

Bulan Ramadan menjadi bulan yang istimewa untuk seluruh umat muslim di dunia.


Berbagai macam hidangan unik dan khas turut disajikan oleh sejumlah daerah hingga berbagai penjuru dunia. Tidak hanya dalam segi kuliner, bulan Ramadan juga dirayakan dengan cara yang berbeda-beda oleh masing-masing Negara di seluruh penjuru dunia. Berikut beberapa tradisi unik yang dilakukan oleh Negara-negara lain ketika menyambut bulan Ramadan.

Indonesia

Indonesia memiliki banyak tradisi menarik dan unik di masing-masing daerahnya dalam menyambut bulan Ramadan. Salah satunya adalah Munggahan dari Jawa Barat dan Padusan dari Jawa Tengah.

Mesir

Mesir memiliki tradisi khas ketika menyambut bulan ramadan. Setiap tahunnya, warga Mesir merayakan Fanous. Fanous sendiri menandakan persatuan dan kegembiraan di bulan suci Ramadan, di mana jalan-jalan, rumah, dan sekitaran Mesir diterangi dengan lampu berwarna cerah lentera logam dan kaca berwarna.

Lebanon

Jika Mesir punya Fanous sebagai tradisi khas dalam menyambut bulan suci Ramadan, Lebanon juga memiliki tradisi khas yang unik yakni menembakkan meriam di setiap harinya selama bulan Ramadan untuk menandakan waktu berbuka puasa.

India

Warga India memiliki tradisi yang unik ketika bulan Ramadan tiba. Mereka akan berkeliling pukul 02.30 dini hari untuk mengetuk pintu dan dinding rumah warga sembari meneriakkan nama Allah dan para Nabi.

Turki

Sebagai salah satu Negara muslim yang terkenal di dunia, Turki memiliki tradisi yang unik saat membangunkan orang sahur ketika bulan ramadan. Drummer akan berbaris di jalanan dan menabuh drum untuk membangunkan orang-orang.

Maroko

Hampir sama seperti Turki, di Maroko biasanya akan ada warga yang berkeliaran di sekitar lingkungan sembari menyanyikan doa-doa merdu mengenakan gandora tradisional, topi, dan sepasang sandal sederhana.