Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Beberapa Minuman Non Alkohol Khas China yang Menyegarkan Dahaga

Wine & Dine21 January 2022

By Clara Enocensia

Beberapa Minuman Non Alkohol Khas China yang Menyegarkan Dahaga

Selain lezat dan menyegarkan, minuman khas China berikut ini juga menyehatkan bagi tubuh sebab mengandung rempah-rempah dan buah-buahan.


Tak hanya terkenal akan kulinernya yang lezat, ternyata China juga memiliki berbagai minuman yang wajib dicoba. Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, tampilan dari minuman-minuman berikut ini sungguh menggoda. Berikut ini adalah minuman non alkohol khas China yang juga memiliki khasiat menyehatkan tubuh.

1. Teh Krisan

Teh krisan merupakan salah satu minuman khas dan populer di China yang terbuat dari bunga krisan. Biasanya minuman yang satu ini ada dan mudah dijumpai saat perayaan Imlek. Meskipun termasuk minuman tradisional, teh krisan masih banyak dicari hingga saat ini.

Minuman yang satu ini dikenal kaya akan manfaat diantaranya mengobati flu, menurunkan tekanan darah, menenangkan saraf, dan masih banyak lagi.

2. Jus Plum

Buah plum dikenal sebagai buah yang banyak memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah berwarna ungu tersebut banyak mengandung antioksidan. Saat perayaan Imlek, orang China banyak yang mengolah buah plum tersebut menjadi jus yang menyehatkan.

Jus buah plum menjadi salah satu minuman khas Imlek yang dikenal dengan rasa manis dan asam dalam satu tegukan.

3. Tieguanyin

Sekilas terlihat seperti teh, Tieguanyin ini memiliki warna yang jernih, aromanya seperti bunga dan buah-buahan, dan ada rasa manis seperti madu yang keluar saat disajikan dengan air hangat.

Tieguanyin adalah minuman tradisional, dan menjadi salah satu minuman favorit masyarakat China. Karena Tieguanyin dipercaya dapat meredakan panas dalam, dan aromanya yang wangi bikin pikiran rileks.

4. Kopi Yunnan

Yunnan adalah sebuah provinsi di China yang terletak di daerah pegununggan tinggi yang kaya hasil bumi. Dengan lahan yang luas jenis hasil bumi yang dihasilkan pun beragam, dan salah satunya adalah kopi.

Kopi yunnan pertama kali di bawa oleh seorang pastur Prancis yang menanam biji ke desa Zhu Ku La. Hingga kini pohon kopi pertama di China itu masih tegak berdiri.

Seiring berkembangnya industri kopi di China, jumlah peminum kopi di negara tersebut meningkat. Sehingga kebutuhan akan biji kopi di China terus bertambah, setidaknya 98% kopi yang diminum penduduk China berasal dari Yunnan.