Beberapa Essential Oil Ini Berkhasiat untuk Menjaga Kecantikan Kulit Anda

Wellness11 October 2021

By Clara Enocensia

Beberapa Essential Oil Ini Berkhasiat untuk Menjaga Kecantikan Kulit Anda

Minyak atsiri atau yang biasa dikenal dengan sebutan essential oil telah digunakan selama hampir beribu-ribu tahun untuk meningkatkan kesehatan, terutama bagi kecantikan.


Essential oil bekerja secara ajaib untuk memberi manfaat bagi pikiran, tubuh, serta kulit. Perawatan tubuh menggunakan essential oil yang bisa dilakukan di rumah sekaligus memberi banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit secara keseluruhan. Berikut jenis-jenis essential oil yang bisa Anda coba.

1. Geranium essential oil

Essential oil satu ini terkenal dengan manfaatnya dalam menjaga elastisitas kulit, mengurangi bekas luka dan bintik-bintik. Essential oil dari bunga geranium juga sangat baik untuk meremajakan kulit mati yang kering. Saat ingin menggunakannya, Anda bisa ambil beberapa tetes essential oil dan campurkan dengan minyak pembawa, kemudian oleskan pada wajah dan pijat dengan lembut.

2. Jasmine essential oil

Minyak atsiri dari bunga melati ini digemari oleh banyak orang karena aromanya yang memberikan kesegaran dan ketenangan. Hal tersebut merupakan elemen yang luar biasa untuk digunakan sebagai perawatan kulit karena manfaat penyembuhan dan relaksasinya.

Minyak ini berfungsi meningkatkan elastisitas kulit, membantu menunda proses penuaan, mengurangi kekeringan dan iritasi pada kulit, serta melembutkan dan menghaluskan kulit. Anda dapat menggunakannya sebagai campuran saat mandi.

3. Rose essential oil

Essential oil berbahan dasar kelopak bunga mawar ini memiliki sifat anti-inflamasi dan menenangkan. Penggunaannya bisa sebagai toner yang melembabkan untuk kulit kering dan dehidrasi. Selain itu, rose essential oil ini dapat membantu meremajakan dan pelembab kulit, mengurangi stres, menyelaraskan pikiran, serta melancarkan sirkulasi darah. Campurkan 3-4 tetes essential oil bunga mawar dengan air untuk dijadikan sebagai toner.