Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Beberapa Cara Mudah dan Praktis Mengonsumsi Chia Seed untuk Diet

Wellness06 January 2022

By Clara Enocensia

Beberapa Cara Mudah dan Praktis Mengonsumsi Chia Seed untuk Diet

Biji chia atau chia seed merupakan salah satu makanan diet populer yang mudah diolah, inilah beragam caranya.


Biji chia adalah biji dari tanaman berbunga Salvia hispanica yang kini menjadi super food yang banyak dikonsumsi di era modern ini. Chia seed mengandung sedikit karbohidrat tapi kaya akan protein dan serat, kemudian akan berubah jadi seperti gel ketika di lambung, makanya Anda akan merasa kenyang lebih lama jika memakannya.

Berikut ulasan mengenai cara mengonsumsi chia seed untuk diet.

1. Infused water biji chia

Salah satu cara paling sederhana adalah dengan memasukkan biji chia ke dalam minuman. Untuk membuatnya, rendam sekitar 40 gram biji chia dalam 1 liter air selama 20-30 menit. Untuk menambahkan rasa, Anda bisa menambahkan potongan buah atau perasan lemon ke dalamnya.

2. Oatmeal

Cara lain mengolah chia seed untuk diet adalah memadukannya dengan oatmeal. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah oatmeal, air, susu rendah lemak, buah segar/kering, dan chia seed. Campur semua bahan hingga rata, lalu taburkan chia seed sebagai bahan pelengkapnya

3. Pudding

Cara mengonsumsi chia seed yang paling mudah, yaitu dibuat menjadi hidangan puding yang lezat. Caranya juga sangat mudah, cukup campurkan susu almond favorit Anda dengan chia seed dan akan menghasilkan dessert yang lezat dan bergizi tinggi.

Bahan-bahan yang dibutuhkan, yaitu 1 cangkir susu almond dengan 3 sendok makan chia seed, aduk sampai merata, dan dinginkan di dalam kulkas. Anda juga dapat menambahkan buah-buahan atau kacang-kacangan pelengkap lainnya sebagai sumber nutrisi tambahan yang baik untuk tubuh.

4. Masukkan ke dalam smoothie

Sudah banyak orang tahu bahwa smoothie merupakan salah satu sajian sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Untuk lebih melengkapi nutrisi yang didapat, masukkan biji chia ke dalam sajian smoothie. Jadikan sajian ini sebagai menu sarapan Anda.