Share
Beberapa Cara Mengatasi Penuaan Dini Pada Kulit Dengan Aman
Yuswialdyth Ardelia Almira
18 April 2023

Setiap manusia pasti akan mengalami penuaan. Namun, beberapa hal ini dapat Anda lakukan untuk mencegah penuaan dini.


Penuaan dini dapat menjadi hal yang menakutkan. Ciri- ciri penuaan dini yang perlu diawasi adalah munculnya keriput atau kerutan, kulit yang kendur, hingga hilangnya pigmen di wajah yang membuat warna kulit memudar. Lantas, apa yang bisa dilakukan? Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mencegah penuaan dini.

Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Seperti yang kita tahu, paparan sinar matahari terus menerus secara langsung dapat memberikan efek buruk pada kulit. Sinar matahari yang berlebihan bisa merusak elastisitas hingga menghambat pembentukan kolagen baru pada kulit. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya garis-garis halus di kulit Anda.

Oleh karena itu, penggunaan sunscreen atau tabir surya sangat direkomendasikan apabila Anda sering terpapar sinar matahari. Jangan lupa untuk re-apply setiap dua jam. Apabila memungkinkan, Anda juga dapat menggunakan aksesoris tambahan seperti topi saat bepergian di siang hari yang terik.

Gunakan Skincare yang Mengandung Anti-Aging
Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, hal yang dapat dilakukan adalah menggunakan skincare atau perawatan kulit dengan konsentrasi pada anti-aging. Beberapa ahli mengungkapkan bahwa skincare anti-aging dapat mulai digunakan sejak usia 20 tahun.

Konsumsi makanan sehat
Kulit pun perlu dijaga dari dalam melalui makanan sehat. Biasakan untuk makan dengan makanan gizi seimbang seperti makanan rendah kalori, banyak sayur dan buah, cukup protein. Selain itu, hindari makanan yang mengandung banyak gula karena dapat mempercepat penuaan kulit.

Berolahraga secara teratur
Olahraga 30 menit secara teratur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa olahraga secara konsisten dapat membuat kulit Anda tampak lebih muda dan cerah.

Kelola stress
Stres dinilai dapat memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh, khususnya pada kesehatan kulit. Sebuah studi mengatakan bahwa stres kronis dapat mengakibatkan penuaan lebih cepat. Hal yang dapat membantu menguranginya adalah regulasi emosi dan pengendalian diri. Bijaklah dalam mengelola stress agar dapat menghindari penuaan dan menjaga kulit tetap elastis dan kencang.
META DESCRIPTIONS

META KEYWORDS

Kulit Sehat, Anti Aging, Penuaan Dini, Sinar Matahari, Skincare, Makanan Sehat