Share
Beberapa Cara Alami ini Ampuh untuk Hilangkan Mata Panda Membandel
Dewi Anggriani Siregar
20 July 2022

Mata panda seringkali menjadi permasalahan banyak orang. Pasalnya, kemunculan lingkaran yang tampak menghitam di sekitar area mata ini cukup menganggu penampilan.


Mata panda dapat terjadi pada pria maupun wanita. Meskipun tidak berbahaya, jika dibiarkan mata panda justru akan membuat Anda tampak tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi munculnya lingkaran hitam yang terlihat sembap ini. Dikutip dari Alo Dokter, mata panda bisasanya disebabkan oleh dehidrasi, rokok dan konsumsi alkohol berlebih, faktor genetik, terlalu lama melihat gawai, dan alergi. Namun jangan khwatir, beberapa cara alami ini dapat dilakukan untuk mengurangi mata panda Anda.

Penuhi Kebutuhan Tidur

Salah satu penyebab utama munculnya mata panda adalah kurangnya waktu tidur yang menyebabkan mata terlihat lelah dan sembap. Usahakan untuk mencukupi waktu tidur Anda yakni 7-9 jam setiap malam.

Kurangi Menatap Layar Gadget

Sinar yang dipantulkan oleh gadget dapat membuat mata menjadi kelelahan dan menimbulkan munculnya mata panda. Anda bisa mengurangi durasi bermain gadget atau menurunkan tingkat kecerahannya agar mata tidak mudah lelah.

Gunakan Bahan Alami

Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti minyak almond dan gel lidah buaya. Kedua bahan tersebut dapat membantu mengurangi warna dan lingkaran gelap pada mata serta melembapkan dan membuatnya tampak lebih cerah secara perlahan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan buah timun. Timun memiliki kandungan aktif dan suhu dingin yang baik untuk memudarkan mata panda.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Kekurangan cairan dapat membuat tubuh dehidrasi dan membuat kulit kering. Hal tersebut juga menjadi salah satu penyebab terjadinya mata panda. Untuk mengatasinya, usahakan Anda selalu mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari.

Kompres Air Dingin

Anda bisa menggunakan es batu atau air dingin dengan sapu tangan dan mengompresnya ke mata. Air dingin mampu mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan serta menyamarkan lingkaran hitam membandel di area mata Anda.