Beauty 101: Atasi Penyakit Kulit Masa Pandemi, Maskne Dengan Beberapa Langkah Ini.
Rambu Moara
02 November 2021

Penyakit kulit yang datang saat pandemi adalah maskne atau jerawat yang muncul di daerah sekitaran masker.


Maskne adalah satu istilah kesehatan yang ramai dibicarakan sejak pandemi COVID-19. Dilansir dari Wikipedia, maskne berasal dari gabungan kata masker dan acne atau jerawat. Artinya, maskne adalah penyakit kulit yang muncul di sekitaran daerah yang tertutupi masker, yaitu rahang, pipi, hidung, dan dagu.

Maskne merupakan efek samping dari kebiasaan baru masyarakat yaitu penggunaan masker, baik itu masker medis ataupun masker kain. Penggunaan masker yang terlalu lama akan menimbulkan kelembaban (baik itu karena hawa panas nafas saat berbicara atau keringat yang muncul) di daerah tertutup masker sehingga dapat menjadi sarang berkembangnya bakteri.

Maskne dapat muncul dalam beberapa bentuk seperti jerawat pasir atau bruntusan, jerawat besar (inflamasi), kulit terkelupas dan ruam kemerahan, hingga komedo. Jika kulit Anda mengalami Maskne, perhatikan beberapa langkah berikut untuk merawat dan mencegahnya.

Cara Merawat Maskne



- Selalu cuci tangan sebelum berurusan dengan wajah karena tangan merupakan sumber bersarangnya bakteri.
- Rajin mencuci muka dengan gentle facial wash yang agar tidak men-trigger jerawat semakin meradang.
- Hindari penggunaan make up berlebihan, cukup gunakan skincare dan tidak lupa sunscreen, dan bedak tipis, serta sediakan oil control film dan tisu kering untuk mengurangi minyak dan keringat berlebih.
- Lakukan eksfoliasi pada kulit maksimal dua kali seminggu agar sel-sel kulit mati bisa terangkat dan terjadi regenerasi kulit,
- Perhatikan juga bahan penyusun make up Anda. pastikan bahan tersebut non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.


Tips Mencegah Maskne


- Sediakan masker cadangan dan ganti masker setiap 4 jam sekali. Hal ini berlaku untuk masker medis, maupun masker kain.
- Untuk masker kain, pastikan Anda membawa plastik khusus untuk menampung masker bekas agar tidak bakteri di dalamnya tidak menyebar ke tempat lain. Selesai beraktivitas, cuci bersih masker kain dan jemur di bawah matahari.
- Konsumsi makanan dengan gizi seimbang. Hindari mengonsumsi makanan berlemak, pati, dan gula tinggi karena dapat membuat hormon tidak seimbang dan sehingga mempengaruhi proses penyembuhan jerawat maskne.
- Tidur yang cukup yaitu 8 jam.