Bawa Nuansa Pedesaan Prancis ke Rumah Anda Lewat Gaya Desain French Country
Putrika Annaya Salsabila
08 July 2022

Siapa yang tidak tertarik dengan karisma pedesaan Prancis yang tenang, misterius, tapi tetap elegan? Ini kesempatan Anda untuk membawa nuansa pedesaan Prancis di rumah melalui tips-tips interior gaya French country berikut ini!


Jika Anda mulai bosan dengan interior rumah Anda, bagaimana jika mengubahnya dengan nuansa Prancis? Dengan membawa gaya interior French country di rumah Anda, Anda akan merasa seperti sedang berada di pedesaan Prancis. Gaya French country didefinisikan sebagai perpaduan rustic dan halus yang terinspirasi oleh rumah-rumah di pedesaan Prancis.

Style desain interior yang satu ini populer di seluruh dunia karena keanggunannya yang nyaman dan kasual sehingga tidak mencolok. Namun, meskipun desainnya terkesan effortless, sebenarnya diperlukan formula untuk mencapai estetika itu. Jadi, apa saja yang Anda butuhkan untuk mengubah rumah Anda menjadi gaya pedesaan Prancis yang Instagramable? Inilah semua yang perlu Anda ketahui!

1. Warna dan Motif

Gaya desain ini banyak menggunakan warna hangat dengan rona yang memiliki intensitas sedang hingga rendah. Mulai dari kuning lembut, pink hangat, baby blue, hingga krim. Warna-warna hangat ini akan memberikan kesan ramah dan mengundang.

Sementara untuk motif, Toile de Jouy atau terkenal dengan sebutan toile adalah pola tradisional yang dicetak pada kain katun atau linen yang digunakan untuk pelapis, gorden, taplak meja, dan wallpaper di kamar pedesaan Prancis.

Pola toile dicirikan oleh desain lanskap dan figur satu warna yang dicetak pada latar belakang putih atau krem. Keuntungan utama toile adalah dapat dipasangkan dengan banyak kain bermotif lainnya, seperti garis-garis, kotak-kotak,, bunga matahari, dan bunga-bunga kecil.

2. Furniture

Kunci furniture gaya French country adalah nyaman dan bergaya. Tempat duduk dan kursi biasanya selalu dilengkapi bantal lembut dan nyaman. Furniture lainnya, seperti meja, biasanya berupa potongan kayu sederhana yang anggun dan sering menggabungkan beberapa jenis ukiran yang menekankan lekukan furniturnya. Ciri khas lain dari gaya furnitur ini juga meliputi hasil akhir bergaya distressed (seperti tidak baru), dicat, dan sering kali dicat warna putih.

3. Gaya Arsitektur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gaya arsitektur model ini terinspirasi dari pedesaan di Prancis, contohnya seperti di daerah Provence. Berikut adalah elemen-elemen yang kerap ditemukan pada gaya interior French country:

  • Balok langit-langit kayu yang terekspos
  • Lantai batu alam, kayu, atau bata
  • Penampilan lapuk
  • Perpaduan batu, kayu, dan warna yang lebih warm ke dalam arsitektur eksteriornya.

4. Dapur

Dapur pada gaya interior desain ini biasanya terkesan nyaman, tapi berkelas. Kabinet-kabinetnya mungkin terlihat seperti furnitur biasa dengan cetakan dan ukiran. Namun, dapur French country ini menampilkan sentuhan chic dan vintage yang lusuh. Mulai dari toples dan botol tua yang cantik untuk menyimpan barang-barang dapur, papan nama kuno untuk dekorasi dinding, rak pot besi tempa, dan banyak pot tembaga.

5. Ruang Makan

Lampu gantung dari kayu atau logam yang terkesan rustic dengan bola lampu lilin adalah suatu keharusan di ruang makan pedesaan tradisional Prancis. Meja makan kayu berwarna lebih terang yang dikelilingi oleh kursi bercat putih, vintage, atau tidak serasi akan menghadirkan tampilan yang santai dan ramah. Untuk nuansa kasual, gantung gorden motif kotak dengan bahan sutra ringan yang panjangnya hingga menyentuh lantai.

6. Ruang Tamu

Banyak udara masuk, bercat putih, dan terpapar sinar matahari menggambarkan gaya ruang tamu pedesaan Prancis. Seharusnya tidak ada kain atau furniture yang terkesan berat dan gelap di ruang tamu bergaya French country. Pada gaya ini, ruang tamu akan mengundang para pengunjungnya dengan perpaduan kain bermotif dan furniture yang dicat secara menarik dan cantik.

Anda bisa menggunakan tirai renda tipis agar cahaya masuk, tapi tetap memberikan privasi. Untuk sentuhan vintage dan unik, letakkan bangku taman besi tempa dengan bantal-bantal di bawah jendela depan untuk tampilan kursi jendela yang kasual.

7. Kamar Tidur

Kamar tidur pada gaya French country yang feminin dan lembut dilengkapi dengan perpaduan elemen cottage shabby chic dan vintage yang nyaman. Tambahkan lampu kristal kecil di suatu tempat, lapisan tempat tidur putih yang lembut dan berenda dengan selimut dan gorden, serta kepala tempat tidur yang terbuat dari kayu atau besi tua.

Sebagai pelengkap, letakkan bangku taman logam tua di ujung tempat tidur sebagai area duduk. Pastinya Anda juga tidak boleh melupakan meja rias dan lemari yang dicat serta terkesan ‘worn off’. Dengan berbagai kombinasi ini, maka Anda akan memiliki kamar tidur yang sempurna.

8. Kamar Mandi

Sama seperti kamar tidur dengan gaya feminin, kamar mandi bergaya French country juga memiliki nuansa dan dekorasi yang sama. Wallpaper toilet, lampu gantung kristal kecil, tempat lilin di dinding, cermin berbingkai emas dengan sedikit ukiran, dan bathtub clawfoot antik berpadu untuk menciptakan kamar mandi pedesaan Prancis yang indah. Untuk kesan santai, gunakan rak handuk besi tempa.