Share
Batik Sudah Go Internasional, Ini Beberapa Kpop Idol Yang Pernah Pakai Batik
Rambu Moara
01 October 2021

Meski merupakan kain tradisional, batik sebenarnya sudah go internasional. Bahkan batik digunakan oleh beberapa Kpop Idol berikut.


Selamat hari batik!

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional di Indonesia sejak UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya pada 2 Oktober 2009. Karena merupakan seni melukis kain tradisional yang sarat nilai budaya pada setiap motif, membuat batik dikenal sebagai icon atau identitas asli Indonesia. Dibantu dengan karya desainer seperti Anne Avantie dan Itang Yunasz, batik semakin dikenal mancanegara.

Selain desainer berbakat ini, ada juga public figure dari Korea pernah menghebohkan media sosial karena mengenakan batik. Siapa saja mereka?

BTS V

Dikenal sebagai satu dari visual line BTS, V atau Kim Taehyung pernah menghebohkan media sosial karena menggunakan batik coklat dengan motif ulir dan bangau saat menyapa penggemar lewat live streaming. V juga pernah menggunakan batik coklat dengan motif segi empat ketika bertemu dengan penyanyi asal Amerika, Ansel Elgort, yang sedang berkunjung ke Korea.

EXO Sehun

Sehun dikenal penggemar sebagai orang yang mencintai batik karena sering kali terlihat menggunakan baju batik saat konser. Misalnya saja saat membawakan lagu Ko Ko Bop di SBS Inkigayo pada Juli 2018, ia juga menggunakan batik coklat muda. Tidak hanya itu, Sehun juga pernah kedapatan mengenakan sandal jepit Indonesia, boxer dan topi bermotif batik.

Park Bo Gum

Saat fanmeeting di Indonesia, aktor ternama Park Bo Gum juga memakai batik berwarna biru. Wardrobe yang disiapkan penata gaya membuat Park Bo Gum terlihat keren meski mengenakan batik formal berkerah dan lengan panjang.

BAE173 Hangyul

Hangyul, anggota grup Kpop BAE173 jebolan Produce X 101 ini juga menghebohkan media sosial saat menggunakan batik saat mengisi acara di Bangkok, Thailand. Batik tersebut merupakan hadiah dari penggemar dari Indonesia.

Aktris Drama Korea

Beberapa aktris terkenal Korea seperti Song Jihyo di drama The Diner Witch, GIl Hae Yeon di drama A Eccentric! Chef Moon, Song Seon Mi di drama Private Lives, dan Lizzy eks After School di drama Oh My Baby yang menggunakan batik motif parang. Meski merupakan motif tertua, batik ini didesain menjadi dress yang membuat aktris tersebut terlihat anggun.