Banten Road Trip: 4 Spot Wisata Terbaik via Trans Jawa

Travel24 August 2020

By Vanya Gabriela

Banten Road Trip: 4 Spot Wisata Terbaik via Trans Jawa

Sementara pembatasan perjalanan terkait pandemi masih diberlakukan di berbagai belahan dunia, Anda masih dapat memulai perjalanan musim panas Anda dengan berkendara di jalur darat.


Bagi banyak orang Indonesia yang mencari cara berisiko rendah untuk berlibur dan melepas penat, ada baiknya mengeksplor jalur darat yang dekat dari rumah dengan kendaraan pribadi. Dengan diluncurkannya tol baru di Indonesia, ada beberapa tujuan perjalanan darat yang kini bisa dijangkau. Di Jawa, jalan Trans Jawa terdiri dari dua jalur utama, Jalur Utara (PANTURA) dan Jalur Selatan (PANSELA).

Jika Anda tinggal di Jabodetabek, Anda dapat memilih untuk berkeliling Banten sebagai rute petualangan Anda kali ini. Terdapat dua kabupaten yang dipenuhi aset alam maupun buatan terbaik di Banten, yakni Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.

Berikut beberapa perhentian liburan yang menarik untuk dipilih:

KABUPATEN SERANG

Kabupaten ini menawarkan banyak pantai menarik untuk dipilih sebagai pit stop di awal perjalanan seperti Pantai Anyer, Pantai Carita, Pantai Sambolo dan juga wisata alam di Gunung Cibaja.

1. Pantai Anyer

Pantai Anyer di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, mungkin menjadi tempat liburan yang paling dicari banyak orang Jakarta karena hanya berjarak 120km dari Jakarta atau sekitar dua jam berkendara. Ada banyak resor dan hotel menarik untuk dipilih di sepanjang pantai. Pantai ini jelas menjadi magnet untuk liburan keluarga di mana semua orang dapat menikmati aktivitas air seperti menyelam, jet ski, speed boat, para-sailing, dan olahraga air menyenangkan lainnya.

2. Wisata Alam Gunung Cibaja

Dari puncak Gunung Cibaja, pengunjung dapat menikmati pemandangan alam sekitar pegunungan, pantai Anyer yang indah, dan juga persawahan yang terhampar rapi di bawahnya. Backpacker juga bisa menikmati berkemah di lokasi untuk menikmati semua keindahan dan pemandangan alam.

KABUPATEN PANDEGLANG

Dari Serang Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Pandeglang, Banten. Pilihan pit stop di kabupaten ini termasuk Pantai Tanjung Lesung, Cagar Alam Ujung Kulon, dan Pantai Cihara Putih (Pantai Putih Cihara).

1. Tanjung Lesung

Hanya tiga jam berkendara dari Jakarta, Tanjung Lesung menawarkan pantai yang menawan, hamparan terumbu karang, dan pemandangan yang memukau. Berdiri di atas lahan seluas 1.500Ha, Tanjung Lesung saat ini dikembangkan menjadi Destinasi Wisata Internasional. Selain pembangunan yang sedang berlangsung di fasilitas wisata ini, Tanjung Lesung juga menjadi pintu masuk bagi wisatawan yang berencana mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon.

2. Taman Nasional Ujung Kulon

Ujung Kulon diterjemahkan sebagai Ujung Barat atau Titik Barat. Tempat adalah taman nasional pertama yang diusulkan di Indonesia dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991 karena memiliki hutan hujan dataran rendah terbesar yang tersisa di Jawa. Lalu pada tahun 2005, taman ini ditetapkan sebagai Taman Warisan ASEAN.

Taman ini mencakup cagar alam Krakatau dengan keanekaragaman flora dan fauna yang menunjukkan evolusi geologis sejak letusan Krakatau pada tahun 1883. Anda masih dapat menemukan beberapa spesies tumbuhan dan hewan langka yang membuat destinasi ini amat layak dikunjungi.

Foto UNSPLASH