Share
Bangga! 5 Kuliner Indonesia ini Masuk dalam Daftar Jajanan Kaki Lima Terbaik Dunia
Dewi Anggriani Siregar
21 February 2023

Bubur ayam, tempe mendoan, pempek, pisang goreng, dan serabi yang merupakan kuliner khas Indonesia berhasil masuk dalam jajaran jajanan terbaik di dunia versi TasteAtlas.


Indonesia merupakan salah satu negara yang terkenal dengan keberagaman kulinernya. Selain karena kelezatan dan cita rasa yang otentik, makanan-makanan dari Indonesia juga dikenal dengan keunikannya yang memiliki daya tarik tersendiri. Beberapa waktu lalu, pisang goreng sukses menghebohkan publik lantaran terpilih sebagai best deep-fried dessert atau makanan penutup gorengan terbaik di dunia. Kini, Indonesia kembali menempati posisi teratas untuk kategori jajanan terbaik di dunia versi TasteAtlas.

Sebagai informasi, TasteAtlas merupakan sebuah situs yang memetakan makanan serta minuman di dunia berdasarkan tingkat popularistasnya. Berikut adalah daftar jajanan kaki lima terbaik Indonesia yang berhasil masuk dalam kurasi TasteAtlas bertajuk Best Street foods in The World.

1. Bubur Ayam

Makanan yang kerap dijadikan sarapan para pekerja sebelum memulai aktivitas ini berhasil meraih peringkat 13 dengan nilai 4,7. Bubur ayam bahkan disebut-sebut memiliki nutrisi melebihi bubur China yang merupakan pendahulunya.

2. Tempe Mendoan

Di bawahnya, disusul jajanan khas Purwokerto yang meraih peringkat 14 dengan skor sama. Mendoan disebut sebagai jajanan kaki lima dengan cita rasa yang unik karena teksur bagian luar yang renyah dan lembut di dalam.

3. Pempek

Kuliner khas kota Palembang ini juga berhasil masuk dalam urutan ke-37 Best Street foods in The World. Makanan yang terbuat dari daging ikan giling dan tepung tapioka ini disebut sebagai jajanan yang tidak hanya lezat namun juga inovatif serta meraih skor 4,6.

4. Pisang Goreng

Selain masuk dalam jajaran dessert terbaik dunia seperti yang telah disebutkan di atas, pisang goreng juga termasuk dalam daftar jajanan kaki lima terbaik dengan peringkat 40 dan nilai 4,6.

5. Serabi

Kuliner khas Indonesia yang satu ini akan mudah Anda jumpai di Pulau Jawa, tepatnya di kota Solo dan Bandung. Serabi berhasil menempati urutan ke 41 dengan nilai 4,6.

Sementara itu, posisi pertama Best Street foods in The World berhasil diraih oleh jajanan kaki lima asal China yakni guotie.