Share
Bakuchiol Mampu Gantikan Peran Retinol, Simak Beragam Manfaatnya Bagi Kesehatan Kulit
Clara Enocensia
15 December 2021

Memiliki fungsi yang sama dengan retinol, bakuchiol menjadi pilihan bagi para vegetarian.


Meskipun masih terdengar asing. Namun ternyata, bakuchiol memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan kulit wajah. Bakuchiol sendiri adalah bahan alami yang berasal dari tanaman psoralea corylifolia atau tanaman babchi.

Ekstrak biji dan daun dari tumbuhan asal India ini kerap menjadi alternatif dari penggunaan retinol pada kulit wajah. Retinol sendiri adalah jenis retinoid yang dapat mencegah penuaan dini.

Namun, bahan ini dianggap terlalu keras dan bisa membuat kulit kering. Sementara itu, bakuchiol memiliki manfaat yang serupa dengan retinol, tetapi tidak menyebabkan eritema, sensasi terbakar, atau perih pada kulit wajah, sehingga lebih aman digunakan. Mari kenali lebih lanjut manfaat dari bakuchiol berikut ini.

1. Mencegah penuaan dini

Salah satu manfaat bakuchiol yang paling populer adalah membuat wajah tampak awet muda. Sebuah studi menunjukkan bahwa bakuchiol dapat mengurangi keriput dan garis halus pada kulit wajah. Selain itu, bakuchiol juga dapat meningkatkan produksi kolagen, sehingga membuat kulit wajah tetap kencang dan terlihat awet muda.

2. Menghilangkan bekas jerawat

Bakuchiol adalah senyawa yang diturunkan dari tumbuhan serta lebih ringan daripada retinoid. Saat kulit Anda berjerawat, menggunakan bakuchiol secara topikal sebagai serum dapat membantu hilangkan jerawat.

Mengaplikasikan produk bakuchiol secara tipis sekali sehari sebelum tidur cukup efektif dalam melawan jerawat. Bahkan anti inflamasi dan antinoksidan di dalam bakuchiol berfungsi membantu menenangkan dan menyembuhkan kulit wajah.

3. Memperkuat skin barrier

Lapisan terluar kulit atau skin barrier memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari paparan berbagai jenis racun, seperti debu dan polusi udara, sekaligus menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Jika lapisan tersebut rusak, kulit bisa kering, gatal, dan rentan mengalami peradangan.

Penggunaan produk yang mengandung bakuchiol, terbukti dapat memperkuat lapisan terluar kulit. Penelitian menunjukkan bahwa kombinasi antara bakuchiol, melatonin, dan ascorbyl tetraisopalmitate mampu meningkatkan fungsi lapisan terluar kulit dan menghidrasi kulit.