Air Mawar, Bahan Alami yang digunakan Turun Temurun, Berikut Manfaatnya

Beauty08 October 2021

By Clara Enocensia

Air Mawar, Bahan Alami yang digunakan Turun Temurun, Berikut Manfaatnya

Air mawar mengandung bahan antiseptik dan antibakteri yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.


Air mawar merupakan bahan alami yang telah digunakan selama ribuan tahun sebagai ramuan tradisional untuk produk kecantikan dan produk makanan juga minuman. Air mawar terbuat dari penyulingan kelopak bunga mawar yang menghasilkan cairan aromatik beserta minyak dari kelopak bunga tersebut. Mari simak ulasan lengkap mengenai beragam manfaat dari air mawar untuk kecantikan kulit wajah.

1. Mencegah jerawat

Antiseptik yang terkandung di dalam air mawar mampu menangani masalah bakteri yang sangat rentan pada kulit berjerawat. Gunakan air mawar di pagi hari setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan skincare. Dengan cara yang sama, lakukan juga di malam hari. Jika Anda menggunakannya secara rutin, manfaatnya akan terlihat dalam menangani masalah kulit berjerawat.

2. Mencerahkan wajah

Tak hanya mencegah jerawat, air mawar juga dapat membuat wajah terlihat lebih cerah. Caranya pun cukup mudah. Anda cukup mencampurkan air mawar dengan dua sendok air lemon lalu aplikasikan pada wajah dengan menggunakan kapas.

3. Anti aging

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa kandungan rose hip seeds pada air mawar, membawa begitu banyak senyawa vitamin C. Hal inilah yang menyebabkan air mawar dapat berperan sebagai antioksidan yang baik serta dapat mencegah kerutan pada wajah.

4. Menenangkan kulit

Satu lagi manfaat air mawar yang menakjubkan, yaitu memiliki efek relaksasi atau menenangkan. Karena itu, air mawar cocok digunakan sebagai campuran untuk berendam dengan air hangat. Anda bisa mencampurkan dua gelas ekstrak air mawar untuk merelaksasi tubuh ketika mandi setelah lelah beraktivitas seharian.