Pandemi COVID-19 dan Royal Family: Bagaimana Prince Charles dan Anggota Kerajaan Lainnya Terdampak?

Event30 March 2020

By Larasati Oetomo

Pandemi COVID-19 dan Royal Family: Bagaimana Prince Charles dan Anggota Kerajaan Lainnya Terdampak?

Beberapa hari lalu, pihak Kerajaan Inggris mengumumkan bahwa Pangeran Charles positif mengidap COVID-19. Bagaimana pandemi memengaruhi para anggota kerajaan?


Pandemi tidak mengenal ras maupun status. Bahkan anggota terhormat kerajaan juga terdampak oleh pandemi coronavirus terbaru. Meskipun rilis kerajaan menyatakan bahwa Pangeran Charles hanya mengalami keluhan ringan, ia mengisolasi dirinya di Skotlandia bersama sang istri, Camilla. Meskipun berada dalam kontak dekat, hasil tes COVID-19 dari Duchess of Cornwall terbukti negatif.

Pangeran Charles bukanlah satu-satunya anggota kerajaan yang terdampak langsung penyakit serupa flu ini. Pangeran Albert II dari Monako, yang kebetulan sempat bertemu dalam sebuah konferensi dengan Pangeran Charles di London pada tanggal 10 Maret lalu juga terbukti positif COVID-19.

Pangeran Charles dan Pangeran Albert II

Sementara itu, perhatian media berpusat kepada Ratu Elizabeth II dan sang pendamping, Pangeran Philip. Kekhawatiran publik ini wajar sebab keduanya telah berusia senja; meningkatkan potensi bahaya dari virus yang telah diidap lebih dari setengah juta penduduk dunia ini. Pada pertengahan bulan Maret 2020, Ratu Elizabeth sempat berjumpa dengan Pangeran Charles dan Perdana Menteri Boris Johnson; yang mana keduanya diumumkan positif mengidap COVID-19 satu pekan kemudian. Kekhawatiran memuncak ketika Variety melaporkan bahwa salah satu pelayan terdekat Ratu Elizabeth II juga positif COVID-19. Meskipun demikian, pihak kerajaan hanya menyebutkan bahwa Ratu berada dalam kondisi kesehatan yang baik. Ia dan sang suami telah merelokasi diri ke Windsor Castle. Beliau juga amat meminimalisasi jumlah staf yang mendampinginya dan meminta banyak staf di semua kediamannya untuk bekerja di rumah.

Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip

Pandemi juga memengaruhi generasi lebih muda dari keluarga kerajaan. Layaknya anak usia sekolah pada umumnya, putra-putri dari Pangeran William termasuk Pangeran George dan Putri Charlotte juga menjalani sistem pembelajaran jarak jauh. Sementara Pangeran Harry, Meghan Markle, dan putranya Archie Mountbatten-Windsor yang tengah berada di British Columbia, Kanada juga bersiap untuk mengikuti protokol lockdown dari pemerintah dan petugas kesehatan setempat. Pangeran Harry juga mesti menunda pelaksanaan festival olahraga pimpinannya, Invictus Games yang biasanya dihelat pada bulan Mei.

Duke dan Duchess of Cambridge bersama Putra-Putri Mereka, Pangeran George dan Putri Charlotte

Tak hanya itu, pesta pernikahan dari Putri Beatrice dan taipan properti Edoardo Mapelli Mozzi yang rencananya dihelat bulan Mei depan juga resmi ditunda. Belum ada keputusan apakah kedua calon mempelai akan tetap menjalani pemberkatan hanya dengan dua orang saksi, namun resepsi pernikahan tidak akan dihelat dalam waktu dekat.

Putri Beatrice dan Edoardo Mapelli Mozzi