Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Awas Gula! Inilah Kiat Memilih Jus yang Lebih Sehat untuk Tubuh Anda

Wellness26 October 2021

By Annisa Indah

Awas Gula! Inilah Kiat Memilih Jus yang Lebih Sehat untuk Tubuh Anda

Masa kini, jus mudah ditemukan dimana-mana, baik yang dibuat secara segar maupun yang sudah dalam kemasan. Dalam teorinya, karena jus terbuat dari buah atau sayuran, maka jus termasuk minuman sehat. Inilah kiat untuk memilih jus yang lebih sehat untuk tubuh anda.


Jus dapat menjadi bagian dari diet sehat, namun tidak dapat menjadi pengganti buah-buahan dan sayuran utuh, karena dalam pembuatan jus, seringkali kandungan seratnya hilang. Meskipun demikian, melalui jus, Anda masih mendapatkan nutrisi dan hidrasi. Apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli jus?


1. Kandungannya
Jus dalam kemasan kemungkinan besar mengandung bahan tambahan yang tidak sepenuhnya alami, seperti pengawet. Selain itu, harus diperhatikan kandungan gula tambahan, yang sering kali ditambahkan untuk memperbaiki rasa.

2. Cold-pressed, jika ada
Jika memungkinkan, pilihlah jus yang dibuat secara cold-pressed, atau yang dibuat dengan juicer yang menggerus lambat dan tidak menghasilkan panas, sehingga mempertahankan nilai gizi dalam jus.

3. Sayur atau buah
Jus buah banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan, namun jus berbasis sayuran membawa manfaat yang tak kalah hebat. Untuk jus yang lebih ‘manis’ tambahkan sayuran seperti bit dan wortel. Untuk mengurangi rasa sayur jika membuat jus dari sayuran hijau, tambahkan nanas atau apel.