Australia Barat kembali Sambut Wisatawan Internasional dengan Pesonanya
Dewi Anggriani Siregar
01 September 2022

Australia Barat adalah salah satu tujuan terbaik untuk beristirahat sejenak dari segudang aktivitas dan kembali terhubung dengan alam. Sebagai salah satu negara bagian terbesar di Australia, Australia Barat juga merupakan pintu gerbang ke benua Australia yang menawarkan berbagai atraksi luar ruangan yang unik serta eksotis.


Dianugerahi bentangan garis pantai, Australia Barat menawarkan keindahan alam yang masih terjaga keasliannya. Bentangan garis pantai sejauh 20,000 kilometer hingga gurun pasir menawan di kawasan Coral Coast, Australia Barat siap dan telah menyambut kembali wisatawan asing yang telah divaksinasi secara lengkap, termasuk dari Indonesia.

Fransiska Pangat, Country Manager, Tourism Western Australia untuk Indonesia, mengatakan, “Kami sangat antusias menyambut kembali para wisatawan kembali berkunjung ke Australia Barat. Karena kedekatan jarak dari Indonesia, berdasarkan data kami hingga Maret 2022, setidaknya terdapat 1.000 kunjungan wisatawan dari Indonesia. Angka tersebut mendudukan Indonesia pada posisi ke-12 dalam daftar kunjungan wisatawan internasional kami. Sejak dibukanya kembali perbatasan internasional, Australia Barat telah menyambut 34.000 wisatawan internasional, atau mengalami kenaikan lebih dari 400% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Selain berwisata, alasan mereka untuk berkunjung ke Australia Barat saat ini adalah untuk mengunjungi kembali anak maupun sanak saudara mereka yang sudah lama tidak bertemu sejak pandemik.”

Australia Barat menawarkan berbagai petualangan dan pengalaman menarik yang dapat dinikmati secara langsung. Dari pendakian yang penuh petualangan ke Jembatan Matagalp, hingga anggur lokal berkualitas dari kebun anggur lokal, bir lokal langsung dari pabrik dan tempat pembuatan bir, serta pengalaman mencicipi cuka sari apel dan penyulingan di Swan Valley.

Wisatawan juga dapat merasakan keindahan matahari terbit dari balon udara unik Lembah Avon dan keindahan Kota Seni dari air. Selain itu, piknik di pantai atau di kota Fremantle terdekat juga bisa menjadi salah satu ide menikmati keindahan Australia Barat.

Pengunjung dapat naik feri berkecepatan tinggi, kapal pesiar catamaran mewah, dan menikmati keindahan Pulau Abrolos sambil menjelajahi sejarah Pribumi Australia Barat, yang berusia lebih dari 40.000 tahun, dan budaya hidup tertua di dunia dalam program Aborigin. Pandemi tidak menghentikan Australia Barat untuk mengembangkan dan menyuguhkan destinasi dan pengalaman baru bagi para wisatawan.

“Mengusung kampanye destinasi kami, yaitu Adventure Awaits, Australia Barat hendak menyuguhkan pengalaman beragam bagi para wisatawan, mulai dari wisata alam dan margasatwa, petualangan ringan sambil menikmati gemerlap gaya hidup perkotaan, pantai berkarang yang terjaga keasliannya, warisan budaya dari suku asli, hingga berbagai pengalaman menikmati kuliner lokal. Pengalaman baru seperti HALO at Optus Stadium dan Matagarup Bridge merupakan destinasi baru yang tersedia di Australia Barat”, tambah Fransiska.

Australia Barat terdiri dari lima wilayah utama. Perth dan sekitarnya, Australia Barat Daya, Australia Barat Laut, Pesisir Karang Australia, Pedalaman Emas Australia - setiap wilayah menawarkan pemandangan dan pengalaman yang unik dan berbeda, masing-masing dengan pesona dan keunikannya masing-masing.

Australia Barat juga melayani kebutuhan wisatawan Indonesia yang mendambakan wisata alam dan aktivitas luar ruangan. Dengan waktu penerbangan 4,5 jam dari Jakarta, kedekatan Australia Barat dengan Indonesia menjadikannya sebagai tujuan yang sempurna untuk akhir pekan yang panjang atau liburan singkat, ideal untuk keluarga dan teman.