Share
Atasi Masalah Ketombe Membandel dengan Bahan-bahan Alami ini
Dewi Anggriani Siregar
05 June 2022

Ketombe merupakan salah satu permasalahan rambut yang sulit dihindari dan kerap kali dialami oleh banyak orang.


Pasalnya, tidak hanya memberikan rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit kepala, ketombe juga mampu menurunkan kepercayaan diri sebab ketombe dapat rontok dan menempel di mana saja. Meski ketombe merupakan salah satu permasalahan yang cukup umum, jika dibiarkan ketombe dapat menimbulkan perasaan tidak nyaman dan berbagai permasalahan kulit kepala lainnya.

Ketombe biasanya muncul apabila kulit kepala kotor dan jarang keramas, selain itu ketombe juga dapat disebabkan oleh pengaruh hormon, minyak atau sebum hingga penyakit tertentu. Anda dapat mengatasi permasalahan ketombe ini dengan berbagai shampoo dan perawatan alami, berikut beberapa bahan-bahan yang dapat Anda gunakan dan aplikasikan secara mudah untuk mengatasi permasalahan ketombe.

Lidah Buaya

Sudah bukan rahasia lagi jika lidah buaya merupakan salah satu bahan yang memiliki segudang khasiat baik untuk kesehatan rambut. Tidak hanya mampu mengatasi permasalahan ketombe, lidah buaya juga mampu merawat rambut agar tampak lebih hitam dan berkilau. Untuk perawatan ketombe, Anda tinggal mengoleskan lidah buaya segar secara rutin ke kepala Anda dan biarkan selama kurang lebih 1 jam.

Minyak Kelapa

Sama seperti lidah buaya, minyak kelapa juga merupakan salah satu bahan alami yang terkenal dengan manfaatnya untuk rambut. Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang mampu mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

Cuka Apel

Selain dapat digunakan untuk bahan memasak, cuka apel ternyata memilii manfaat lain salah satunya adalah mengatasi ketombe. Zat asam pada cuka apel dapat mengangkat sel kulit mati di kepala yang merupakan penyebab munculnya ketombe.

Baking Soda

Jika soda kue biasanya Anda gunakan untuk membuat kue, kali ini soda kue mungkin bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Soda kue dapat membantu mengurangi rasa gatal serta mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di kulit kepala.