Asrinya Desain Kantor Amazon yang Baru di Amerika Serikat

Design11 February 2021

By Annisa Laksmintari

Asrinya Desain Kantor Amazon yang Baru di Amerika Serikat

Start-up yang telah mendunia cukup terkenal dengan kantor-kantornya dengan desain kantor pusat atau headquarters yang luar biasa. Tak hanya estetik, namun kantor-kantor start-up raksasa ini juga memperhatikan berbagai aspek seperti lingkungan, teknologi, dan juga kesehatan dan kesejahteraan karyawan.

Tak terkecuali dengan perusahaan Amazon, yang berpusat di Amerika Serikat. Dalam merancang desain baru kantor pusatnya yang kedua di Arlington, negara bagian Virginia, Amazon memilih untuk menciptakan “lingkungan yang memprioritaskan kerja sehat.” Seperti apa desain kantor barunya yang asri dan megah ini?


Desain untuk kantor pusat Amazon yang kedua, yang terletak di Arlington, Virginia dibuat oleh firma arsitektur internasional NBBJ, yang sebelumnya juga telah mendesain rumah kaca berbentuk kubah di kantor pusat Amazon yang pertama di Seattle.

Untuk Amazon HQ2, telah dibuat desain sebuah menara kaca berbentuk spiral yang dinamakan The Helix, yang akan menjadi bagian dari sebuah kompleks bergedung tiga. The Helix didesain dengan pepohonan dan jalan setapak di bagian luar spiral-nya.

Selain itu, The Helix juga akan dilengkapi dengan kebun di dalam ruangan, meeting center dengan kapasitas 1500 orang, penitipan anjing, penitipan anak, community space, pertokoan, restoran, dan juga sebuah pasar yang tersebar di area seluas 260.000 meter persegi, yang diharapkan untuk menciptakan tenaga kerja dan komunitas yang lebih sehat.

Kompleks perkantoran ini juga didesain untuk menggunakan energi terbarukan dari ladang surya di Pittsylvania County. Ruang hijau akan diairi oleh limpasan air hujan dan tempat parkir sepeda karyawan untuk 950 sepeda akan terhubung ke seperempat mil jalur bersepeda yang dilindungi. Tak lupa, juga akan ada titik pengisian kendaraan listrik di lokasi.

Jika desain oleh NBBJ ini diberi lampu hijau, Amazon HQ2 akan mulai pembangunan di tahun 2022.