Share
ArtMoments Bali Segera Hadir dengan Konsep Hotel Room Art Fair Pertama di Indonesia 
Trisha Aulia
17 May 2023

ArtMoments akan diselenggarakan di Bali untuk pertama kalinya pada 23–25 Juni 2023 dengan memperkenalkan konsep segar Hotel Room Art Fair yang merupakan pertama di Indonesia.


Biasa diadakan di Jakarta, bursa seni terkemuka ArtMoments kini akan melebarkan sayapnya ke bagian timur Indonesia dengan mengadakan pagelaran seni di Bali untuk pertama kalinya. ArtMoments Bali ini akan diselenggarakan di InterContinental Bali Resort Jimbaran pada tanggal 23–25 Juni 2023. Ajang busa seni ini dibuka secara gratis untuk publik dan pencinta seni.

"Kami sangat senang akhirnya bisa membawa ArtMoments ke Bali. Bali selama ini telah dikenal secara internasional sebagai destinasi seni dan budaya dan merupakan lokasi yang tepat untuk merayakan pencapaian sejarah baru dari ArtMoments. Kami harap acara ini dapat memperkenalkan Bali tak hanya sebagai destinasi liburan, namun juga sebagai destinasi seni,” ujar Sendy Widjaja, Pendiri dan Direktur ArtMoments Jakarta dalam sesi jumpa pers pada Selasa (16/5).

ArtMoments Bali akan mengusung tema “Infinite Boundaries”, menyoroti sifat seni rupa kontemporer yang selalu berkembang, yang mencerminkan perubahan kehidupan dan dinamika masyarakat di era sekarang. Tema tersebut merupakan komitmen ArtMoments Bali untuk mengeksplorasi batas-batas seni kontemporer dan menjadi tantangan bagi para seniman yang mendorong mereka untuk berani berinovasi dalam menciptakan karya seni yang menggambarkan tentang kompleksitas dan kejayaan kehidupan modern.

Selaras dengan tema tersebut, ArtMoments Bali juga akan menampilkan beberapa instalasi khusus yang fokus pada ekspansi ke medium yang baru, yakni medium digital, seperti dengan menampilkan projector art yang belakangan sedang digemari oleh kaum muda. Menariknya lagi, pagelaran tahun ini akan memperkenalkan konsep baru pameran seni di Indonesia.

Dengan konsep Hotel Room Art Fair, ArtMoments Bali akan memanfaatkan setiap sudut dari 14 kamar InterContinental Resort Bali sebagai galeri yang menampilkan 300–400 karya seni dari sekitar 150 seniman kontemporer, baik yang sudah mapan maupun para perupa muda yang baru muncul. Konsep ini tentunya sangat berbeda dengan konsep konvensional yang biasa disuguhkan ArtMoments Jakarta karena ini merupakan pertama kalinya konsep pameran seni di kamar hotel diterapkan di Indonesia.

Dengan menggunakan kamar hotel sebagai galeri, pengunjung dapat mendekati karya seni dengan cara yang lebih intim sehingga ArtMoments Bali menciptakan pengalaman unik bagi pengunjungnya. Para pelancong seni dapat menikmati karya seni sambil menjelajahi keindahan alam pulau Bali dan resort, menciptakan atmosfer yang unik dan eksklusif.

ArtMoments Bali juga menawarkan kesempatan bagi para seniman, kurator, dan penikmat seni untuk berinteraksi melalui agenda bincang-bincang seni dan workshop yang diselenggarakan selama acara. Tentunya merupakan kesempatan yang berharga untuk mendapatkan wawasan tentang seni kontemporer dan pasar seni, serta untuk mendiskusikan perkembangan seni masa kini.