Share
Art Jakarta 2024, Lebih Besar dengan Ekspresi Seni dari 73 Galeri Seni Ternama!
Trisha Aulia
13 September 2024

Art Jakarta akan kembali digelar di JIEXPO Kemayoran dari 4–6 Oktober 2024, menampilkan karya terbaik dari 73 galeri seni terkemuka dari Indonesia dan mancanegara. Temukan berbagai presentasi istimewa dan nikmati berbagai program menarik!


Jakarta kembali menjadi sorotan dunia seni rupa dengan hadirnya Art Jakarta 2024, salah satu pameran seni terbesar di Asia Tenggara. Berlangsung pada 4 hingga 6 Oktober 2024 di JIEXPO Kemayoran, Art Jakarta 2024 tampil lebih besar dari edisi-edisi sebelumnya dengan penambahan satu hall baru yang menyediakan ruang lebih luas serta pengalaman yang semakin memanjakan pengunjung.

“Kami senang sekali dengan kembalinya para partisipan dengan antusiasme tinggi, yang menandakan kepercayaan para ekshibitor terhadap Art Jakarta. Bahkan, rekanan yang menyajikan presentasi tahun ini bertambah (4 Mitra Utama, 14 Mitra Kunci). Artinya, selain dukungan terhadap seniman semakin banyak, kemitraan Art Jakarta juga semakin luas. Ini juga terlihat, misalnya, dalam program AJX, kolaborasi dengan lembaga atau perusahaan swasta yang memiliki koleksi khusus. Kalau tahun lalu kami berkolaborasi dengan satu entitas, tahun ini AJX melibatkan tiga institusi, ISI Denpasar (Bali), Lembaga Pembangunan Seni Visual Negara (Kuala Lumpur, Malaysia), dan Eugene Museum (Bali). Hal ini juga yang merupakan alasan kami menambah hall di JIEXPO Kemayoran, dari dua menjadi tiga hall (C3 dan B3, sekarang ditambah C1). Dengan ini, kami juga ingin meningkatkan pengalaman audiens secara keseluruhan, dengan area yang diperluas, fasilitas yang lebih nyaman lagi, dan alur pameran yang lebih baik,” ucap Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta 2024.

Pak Enin Art Jakarta

Didukung oleh Julius Baer, UOB Indonesia, Bibit & Stockbit, serta Treasury, Art Jakarta 2024 akan menampilkan karya-karya dari berbagai genre seni rupa. Salah satu yang paling dinantikan adalah pameran khusus seniman legendaris Indonesia, Sunaryo, di Julius Baer VIP Lounge. Karya-karya Sunaryo, yang selalu mencerminkan kedalaman budaya Indonesia, siap memikat kolektor dan pencinta seni dengan sentuhan kontemporernya yang inovatif.

Dalam semangat mendukung seni Asia, UOB Indonesia akan menghadirkan karya dari pemenang kompetisi UOB Painting of the Year, menampilkan 12 seniman Indonesia dan empat seniman dari Asia Tenggara. Selain itu, Bibit & Stockbit akan mempersembahkan instalasi kolaboratif bertajuk "Knit by Knit" yang mengeksplorasi tema pengelolaan finansial melalui pendekatan seni kreatif, sementara Treasury menyajikan karya interaktif "Exponential Echoes" oleh Bandu Darmawan, yang mengajak pengunjung untuk merenungkan makna sejati kekayaan.

Beberapa presentasi istimewa dari Mitra Kunci juga akan menjadi daya tarik utama, seperti “Super Art Box” oleh SUPERMUSIC, kolaborasi desain kulkas seni dengan Dolce & Gabbana dari Smeg, serta instalasi “Naked Tone” yang mengeksplorasi fenomena karaoke kamar mandi oleh Roca. Sementara itu, seniman lokal seperti Eldwin Pradipta dan indieguerillas juga turut meramaikan ajang ini dengan karya-karya interaktif yang memukau.

Media Gathering Art Jakarta

Selain karya-karya dari para Mitra, sorotan utama Art Jakarta 2024 adalah persembahan dari 39 galeri nasional dan 34 galeri internasional dari negara-negara seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Vietnam, China, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Rusia, dan Australia. Pengunjung akan disuguhkan beragam karya seni kontemporer yang mencerminkan perkembangan terbaru dalam seni rupa global.

Art Jakarta 2024 juga menghadirkan kembali program-program khasnya seperti AJX, AJ SPOT, dan AJ SCENE, yang membuka peluang bagi para pengunjung untuk merasakan interaksi lebih dekat dengan dunia seni. Program diskusi AJ TALK yang selalu dinanti juga akan menghadirkan dialog menarik antara pakar seni, kurator, kolektor, dan seniman.

Dengan semakin banyaknya ekshibitor dan program-program interaktif, Art Jakarta 2024 menjadi sebuah perayaan besar-besaran yang menyoroti daya, geliat, dan semangat kreativitas yang mewarnai kawasan ini.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadi bagian dari ajang ini. Tiket mulai tersedia pada 20 September 2024 melalui situs resmi Art Jakarta, artjakarta.com.