Art Basel Swiss Dibatalkan, Isi Pameran Pindah ke Online Viewing Room

Art & Culture09 June 2020

By Larasati Oetomo

Art Basel Swiss Dibatalkan, Isi Pameran Pindah ke Online Viewing Room

Mengacu kepada pandemi COVID-19 yang belum reda sepenuhnya, pameran seni prestisius dunia Art Basel membatalkan acara utama di Basel, Swiss yang semestinya dihelat pada bulan September mendatang.


Melalui laman artbasel.com, pihak penyelenggara mengungkapkan bahwa edisi Art Basel kali dibatalkan bukan hanya karena menghindari risiko penyebaran dalam acara publik dan pembatasan penerbangan dari seluruh dunia, namun juga regulasi Swiss yang samar dalam mengatur acara berkapasitas besar seperti Art Basel.

Sebagai gantinya, pihak penyelenggara merilis Art Basel Online Viewing Room yang dapat diakses pada artbasel.com/ovr dengan cara mendaftarkan surel Anda. Para penikmat seni dapat menyaksikan ribuan koleksi dari 231 galeri yang dibagi ke dalam beberapa kategori secara gratis. Laman ini juga dilengkapi oleh Online Viewing Room Stories yang berisi kisah beberapa figur Art Basel mulai dari kurator hingga direktur galeri.

Pameran digital ini akan mulai dapat diakses orang yang mendaftarkan surel mereka mulai dari tanggal 19 hingga 26 Juni 2020. VIP preview digelar pada tanggal 17-19 Juni pukul 18.00 WIB. Online Viewing Room (OVR) kali ini merupakan inisiasi digital kedua dari Art Basel setelah sebelumnya sukses “memindahkan” isi pameran Art Basel Hong Kong ke OVR pada akhir Maret lalu. Pada edisi pertamanya, Art Basel berhasil menggaet 250.000 penonton ke OVR mereka.

Selain via situs resmi mereka, Anda juga dapat mengakses OVR via Art Basel Official App di ponsel pintar. Melalui akun yang Anda buat, Anda dapat menyimpan karya seni, galeri, dan seniman favorit Anda. Selama program berjalan, kolektor dapat membeli karya seni dengan mengontak langsung galeri atau seniman yang disediakan pihak penyelenggara. Art Basel OVR merupakan eksperimen seni global untuk mendukung kerja-kerja seni di tengah pandemi.

Foto ART BASEL