Share
Apple Resmi Rilis iPhone 13 Series Terbaru, Berikut Varian, Model dan Speknya
Clara Enocensia
15 September 2021

Rangkaian iPhone 13 telah resmi dirilis, berikut adalah spesifikasi serta keunggulan dari penerus seri iPhone 12.


Setelah dinanti-nanti oleh khalayak ramai, kini iphone 13 telah hadir dan resmi dirilis pada 15 September dini hari. Apple Event menggelar perilisan tersebut secara online sekaligus memperkenalkan keempat model ponselnya, yaitu iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Pihak Apple sendiri menyatakan bahwa mereka tidak memberikan banyak peningkatan pada ponsel penerus iPhone 12 series ini. Dengan design yang nyaris sama, perbedaan yang terlihat dari segi tampilan adalah ukuran notch yang lebih kecil 20% dari iPhone seri sebelumnya.

Pada iPhone 13 dan iPhone 13 Mini, terdapat banyak peningkatan fitur tambahan seperti dilengkapi dengan layar OLED Super Retina XDR yang masing-masing berukuran 5,4 inch dan 6,1 inch. Keduanya pun memiliki HDR10 dan Dolby Vision sama seperti pendahulunya. Apple pun tetap mempertahankan perlindungan Ceramic Shield yang sebelumnya sudah diperkenalkan melalui iPhone 12.

Tak hanya itu, iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max dilengkapi oleh Chip A15 Bionic. Chipset ini diklaim memiliki CPU dengan kinerja yang lebih cepat 50% serta GPU lebih unggul 30% dari chip pesaingnya. Dari segi kamera, rangkaian ponsel ini dilengkapi dengan kamera ultra-wide yang dirancang khusus untuk menangkap gambar dengan detail, bahkan di area gelap sekalipun. Bidikannya yang tajam dan stabil membuat hasil foto dan video yang dihasilkan pun memiliki noise yang lebih sedikit.

iPhone 13 memiliki battery yang lebih tahan lama satu setengah jam dibandingkan pendahulunya. Sedangkan iPhone 13 Pro Max tahan lebih lama dua setengah jam dari iPhone 12 Pro Max. Apple mulai menjual keempat model iPhone 13 ini mulai 24 September mendatang dengan berbagai pilihan warna. iPhone 13 dan iPhone 13 Mini hadir dalam warna Pink, Blue, Midnight, Starlight, dan Red. iPhone 13 Pro dan iPhone Pro Max tersedia dalam varian Graphite, Gold, Silver dan Sierra Blue.