Apple Luncurkan iOS 14, iPad Air 4, Apple Watch 6, dan Apple Watch SE pada Apple Event 2020

Tech & biz17 September 2020

By Rizka Putri Sonia

Apple Luncurkan iOS 14, iPad Air 4, Apple Watch 6, dan Apple Watch SE pada Apple Event 2020

Apple Event 2020 yang digelarpada 16 September 2020 mengumumkanpeluncuraniOS 14, Apple Watch Series 6, Apple Watch SE, serta iPad Air 4.


Acara tahunan dari perusahaan teknologi multinasional Apple Event kembali hadir di hadapan pengguna. Berbeda dari format tahun-tahun sebelumnya, kali ini Apple Event hanya dihadirkan dalam bentuk siaran daring pada Rabu, 16 September 2020 pukul 00.00 WIB.

Topik utama dari Apple Event tahun ini adalah perilisan Apple Watch SE, Apple Watch 6, serta iPad Air 4. Fakta ini sedikit meleset dari perkiraan pengguna setia Apple yang menerka-nerka perilisan iPhone 12 dalam event kali ini.

Dilansir dari Cnet.com, pihak Apple mengonfirmasi bahwa generasi ke-12 dari iPhone tersebut akan tersedia dalam beberapa minggu ke depan. Bisa diprediksikan bahwa perilisannya baru akan dilakukan pada 13 atau 14 Oktober mendatang.

Di samping produk ponsel pintar andalan Apple tersebut, masih ada Apple Watch dan iPad Air yang patut diperbincangkan spesifikasinya.

Apple Watch Series 6

Fitur pendeteksi tingkat oksigen dalam darah menjadi fitur andalan yang dihadirkan Apple dalam arloji pintar edisi terbarunya ini. Teknologi sinar inframerah yang terdapat di dalamnya dapat mengukur kadar oksigen pengguna dalam waktu 15 detik.

Di samping itu, Apple Watch Series 6 juga menghadirkan beberapa fitur baru yang mendukung kesehatan pengguna di tengah pandemi COVID-19, salah satunya adalah fitur durasi timer untuk cuci tangan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Apple Watch Series 6 dibekali oleh prosesor S6 yang diadaptasi dari chip A13 Bionic. Chip ini disebut dapat meningkatkan waktu hidup baterai hingga 18 jam dan mempercepat waktu pengisian daya yang hanya memerlukan waktu 1,5 jam.

Fitur baru lainnya yang tak kalah menarik adalah fitur Family Setup yang memungkinkan pengguna untuk mengelola pengaturan Apple Watch kepada anak-anak. Pengguna dapat menyeleksi pesan dan panggilan yang diterima melalui Apple Watch anak, mengatur fitur peringatan lokasi, serta mengaktifkan mode do not disturb selama jam sekolah.

Apple Watch Series 6 tersedia dalam tiga pilihan material, yakni aluminum, stainless steel, hingga black titanium. Arloji pintar ini dibanderol mulai dari 399 USD atau sekitar Rp5,9 juta. Apple Watch Series 6 akan mulai hadir di pasaran pada 18 September 2020 mendatang.

Apple Watch SE

Selain Apple Watch Series 6, Apple juga memperkenalkan seri arloji pintar mereka dengan harga yang lebih terjangkau; Apple Watch SE. Tipe Apple Watch ini dijual dengan harga 279 USD (sekitar Rp4,1 juta) serta 329 USD (sekitar Rp4,8 juta) untuk varian selulernya.

Meski dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, Apple Watch SE masih memberikan fitur-fitur serupa dengan Apple Watch Series 6. Hanya saja, beberapa fitur seperti always-on-display, pendeteksi oksigen di dalam darah, serta electrocardiogram (ECG) dihilangkan pada smartwatch edisi ini.

Meski demikian, fitur-fitur seperti pendeteksi durasi cuci tangan, pendeteksi jatuh, pelacak tidur, akselometer, dan giroskop masih ada dalam tipe ini. Apple Watch SE juga menjalankan sistem operasi watchOS 7 seperti Apple Watch Series 6.

iPad Air 4

iPad Air 4 yang menjadi perangkat pertama berbekal chip Apple A14 Bionic menjadi highlight dari seri iPad terbaru ini. A14 Bionic merupakan chip yang dibuat menggunakan fabrikasi 5nm dan disebut sebagai chip terkuat buatan Apple. Kinerjanya diklaim 40 persen lebih tinggi dibanding seri sebelumnya.

Seri terbaru dari iPad ini didesain dengan layar yang lebih tipis dan panel display yang lebih lebar dari sebelumnya; hampir menyerupai iPad Pro. Konektor charger pun berganti ke USB tipe C. Aksesori pendukung seperti Apple Pencil 2 dan Magic Keyboard sudah dapat digunakan pada iPad Air 4. Sedangkan untuk kamera, iPad Air 4 didesain dengan resolusi 12 MP wide untuk kamera belakang serta 7MP untuk kamera depan.

Tipe iPad ini dijual dengan berbagai opsi konektivitas dan besar penyimpanan. Untuk varian penyimpanan 64GB dan konektivitas WiFi, iPad Air 4 dijual seharga 599 USD (sekitar Rp8,8 juta), sedangkan untuk konektivitas WiFi dan seluler akan dijual seharga 729 USD (sekitar Rp10,8 juta). Sementara untuk penyimpanan sebesar 256GB, dibanderol seharga 749 USD (sekitar Rp11 juta) untuk konektivitas WiFi dan 879 USD (sekitar Rp13 juta) untuk konektivitas WiFi dan seluler.
Berbeda dari Apple Watch seri terbaru, generasi terbaru dari iPad ini baru akan diperjualbelikan pada Oktober mendatang.

Apple iOS 14

Selain gawai baru, Apple juga merilis versi final dari iOS 14. Perangkat lunak ini sudah mulai bisa diunduh pada hari ini untuk pengguna gawai tertentu.

Disebutkan bahwa iOS 14 tersedia untuk iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone XS dan XS Max, iPhone X dan XR, iPhone 8 dan 8 Plus, iPhone 7 dan 7 Plus, iPhone 6S dan 6S Plus, iPhone SE (generasi pertama dan kedua), dan iPod touch (generasi ke-7).

CEO Apple Tim Cook mengungkap bahwa iOS 14 adalah rilisan yang mengubah pengalaman inti dari iPhone. Ia ringkas, cantik, dan didesain untuk multitasking.
iOS 14 dilengkapi dengan fitur baru Scribble untuk mempermudah pindaian catatan tangan ke bentuk digital dan teknologi lain yang meningkatkan efektivitas Apple pencil.