Share
Anti Kuning-Kuning Club - 4 Kiat Merawat Kondisi Buku
Annisa Laksmintari
20 November 2020

Bagi yang gemar membaca, tentunya sebuah koleksi buku yang terus bertambah akan menjadi suatu hal yang diidamkan. Namun sayangnya buku-buku yang dibaca dan disimpan, halamannya rentan berubah menjadi kekuningan dan kecoklatan seiring dengan bertambahnya waktu.


Hal ini dikarenakan oleh bahan dasar buku, yang berupa kertas. Kertas berasal dari kayu yang mengandung sellulosa dan komponen kayu bernama lignin. Lignin dan selulosa merupakan dua komponen yang rentan terhadap oksidasi. Dengan adanya oksidasi, kertas akan berubah menjadi kekuningan, dan pada akhirnya menjadi kecoklatan. Untuk menghindari hal ini, simak beberapa cara merawat buku-buku Anda agar tidak cepat menguning!

1. Hindarkan dari Sinar Matahari

Sinar matahari memancarkan sinar UV yang dapat merusak kertas. Inilah sebabnya buku-buku dan dokumen kuno di perpustakaan dan museum selalu mengarsipkannya di dalam ruangan dengan UV filter. Untuk merawat dan melindungi buku Anda, simpanlah di dalam ruangan ketika tidak dibaca, dan jauhkan dari sinar matahari langsung.

2. Sirkulasi Udara yang Terkontrol

Dilansir dari bookwritten.com, buku dan rak kayu dengan berjalannya dengan waktu, akan melepaskan bahan kimia yang berbahaya dalam bentuk gas. Hal ini disebut ‘off-gassing’. Gas ini akan berdampak buruk pada buku-buku anda karena akan memicu menguningnya lembar-lembar buku. Oleh karena itu, pastikan adanya sirkulasi udara yang memadai di ruangan dan sekitar rak buku anda.

3. Jaga Kelembaban dan Suhu

Ada udara, berarti ada kelembaban, Kertas dengan mudah menyerap kelembaban dari udara, yang menyebabkan rusaknya kertas. Kelembaban udara yang ideal berkisar dari 30-50%. Naik-turunnya suhu tidak bagus untuk buku. Panas yang berlebihan akan merusak buku, namun jika terdapat fluktuasi suhu yang terlalu besar (seperti dengan dinyalakannya AC), maka buku akan cepat menguning. Oleh karena itu, simpanlah buku di ruangan yang relative sejuk dan juga kering.

4. Amankan dari Off-Gassing

Gunakan lining paper untuk memberi batas antara buku dan rak buku, sehingga menghindarkannya dari gas dilepaskan oleh rak kayu tersebut. Off-gassing ini juga terjadi pada buku, oleh karena itu, jauhkanlah buku yang sudah menguning (yang tingkat off-gassing-nya juga tinggi) dengan buku yang kondisinya masih bagus.