Anti-Galau, Inilah 4 Cara Mengatasi Overthinking dan Menenangkan Pikiran

Wellness16 September 2021

By Annisa Indah

Anti-Galau, Inilah 4 Cara Mengatasi Overthinking dan Menenangkan Pikiran

Ada kalanya sesuatu menjadi bahan pikiran secara terus-menerus. Segala aspek tentang hal tersebut jadi beban pikiran, dan semakin lama, pikiran semakin ruwet dan melebar ke segala arah. Inilah perilaku overthinking. Bagaimana cara menghindari overthinking ini? Dilansir dari Riliv, sebuah aplikasi yang menyediakan layanan kesehatan mental, inilah 4 cara untuk menenangkan hati dan pikiran bagi yang sedang dilanda overthinking.


Overthinking dapat mengganggu kebahagiaan, ketentraman hati dan pikiran, serta pola hidup seseorang, jika apapun yang terjadi, baik hal sepele maupun hal penting, semuanya selalu Anda pikirkan secara terus-menerus. Berpikir berlebihan tentang isu-isu yang sedang Anda hadapi merupakan kebiasaan yang kurang baik, apalagi hingga mengganggu aktifitas sehari-hari seperti sulit tidur.

Jika Anda merasa pikiran terlalu penuh dan hati tidak tenang karena terus-menerus overthinking, berikut ini terdapat 4 cara yang bisa Anda coba untuk mengatasinya.

1. Berjalan kaki

Ambillah waktu untuk berjalan kaki, bahkan hanya untuk 10 menit saja. Saat Anda berjalan kaki, Anda akan fokus pada proses berjalan kaki, menghirup dan mengeluarkan napas yang Anda lakukan, suara alam, dan pemandangan yang Anda lihat. Pikiran-pikiran buruk pun beralih menjadi fokus sensasi alam yang ada di sekitar Anda.

2. Melakukan meditasi

Melakukan meditasi juga terbukti membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang.

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik yang santai, tenang, atau mendengarkan suara alam juga bisa membantu Anda merasa lebih tenang. Dengarlah jenis music yang sesuai dengan selera Anda, dan juga yang menggugah semangat.

4. Membaca buku

Pilihlah bahan bacaan yang ringan dan menyenangkan seperti membaca komik, novel, dan buku bacaan lain yang sesuai selera Anda untuk meringankan pikiran Anda.