Share
Antam (ANTM) Siap Akuisisi Smelter Nikel Tsingshan Group
HighEnd Editorial
30 August 2024

Antam (ANTM) sedang mempersiapkan akuisisi smelter komoditas nikel yang dimiliki oleh Tsingshan Group.


PT Aneka Tambang Tbk atau Antam (ANTM) sedang mempersiapkan akuisisi smelter komoditas nikel yang dimiliki oleh Tsingshan Group. Ini merupakan bagian dari komitmen anggota MIND ID itu terhadap hilirisasi nikel.

ANTM melalui anak usahanya PT Gag Nikel telah menandatangani perjanjian jual beli bersyarat atau Conditional Share Purchaes Agreement (CSPA) dengan anak usaha Tsingshan Group, yakni Newton International Investment Pte Ltd.

“Dalam rangka mewujudkan hilirisasi mineral dan mendukung pembangunan ekosistem EV battery di Indonesia, Antam berencana akan mengakusisi smelter pengolahan nikel yang dimiliki oleh Tsingshan,” kata Direktur Utama ANTM, Nicolas D. Kanter dalam Public Expose Live 2024, Selasa (27/8/2024).

Rangkaian transaksi ini termasuk pembelian kembali sebagian kepemilikan saham yang dimiliki Newton pada suatu anak usahanya yang bergerak dalam bidang pengolahan bijih nikel.

Transaksi akuisisi ini akan berlaku efektif sejak peralihan kepemilkan saham Newton di anak usahanya kepada PT GN pada tanggal penyelesaian transaksi.

“Kerja sama ini diharapkan akan mendorong pertumbuhan berkelanjutan perusahaan,” kata manajemen dalam rilisnya.

Sebagaimana diketahui, ANTM mencatatkan pendapatan senilai Rp23,18 triliun. Realisasi itu naik 7,05 persen secara tahunan (YoY).

Ini didukung penjualan emas sebanyak Rp18,8 triliun, feronikel Rp1,52 triliun, alumina Rp724,94 miliar. Bisnis pemurnian logam mulia ANTM juga berkontribusi senilai Rp98,18 miliar.