Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Aneka Dessert Khas Negeri Tirai Bambu yang Lezat dan Populer

Wine & Dine20 June 2022

By Clara Enocensia

Aneka Dessert Khas Negeri Tirai Bambu yang Lezat dan Populer

Luas dataran China menyimpan beragam kekayaan, inilah aneka dessert khas China yang memiliki rasa dan cara penyajian yang menarik.


China merupakan satu dari sekian banyak negara yang kulinernya begitu digemari banyak orang. Kuliner China pun telah tersohor hampir ke berbagai negara di dunia. Mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup khas China memiliki rasa dan cara penyajian yang menarik.

Di negeri tirai bambu ini, Anda akan menemukan makanan penutup dari beragam daerah yang populer. Terdapat dessert khas Cina yang tersedia sepanjang tahun, tapi ada juga beragam makanan penutup khusus yang dibuat hanya untuk hari libur atau musim tertentu.

1. Hong Dou Tang

Sup kacang merah merupakan sup klasik Cina. Dessert khas Cina ini biasanya disantap sebagai makanan penutup dan dibuat dari kacang merah azuki, jeruk keprok atau kulit jeruk dan biji teratai.

2. Egg Tart

Egg tart merupakan kue panggang yang bagian luarnya terasa krispi namun sangat lembut di dalam karena diisikan podeng telur. Ada dua jenis egg tart yang terkenal di Tiongkok, satu berasal dari Hongkong dan lainnya dari Makau.

Egg tart yang berasal dari Hongkong memiliki bagian luar atau struktur kue yang lebih lembut serasa kue mentega. Sedangkan egg tart Makau, atau juga dikenal sebagai egg tart Portugis, lebih memiliki tekstur yang crunchy dan lebih renyah.

3. Deep Fried Durian

Makanan yang juga sering disebut tempura durian ini memang sangat renyah diluar, lembut dan meleleh di dalam. Kerenyahan bagian luar durian goreng ini terbuat dari adonan tepung terigu dan tepung pao dan isiannya yang berupa olahan daging durian yang telah dicampur dengan susu.

4. Lóng Xu Táng

Lóng Xu Táng atau dragon’s beard candy tidak hanya sekedar permen di China, tetapi juga dianggap sebagai seni tradisional karena berasal dari Dinasti Han. Permen ini berbentuk benang karena terbuat dari gula berputar yang sangat lengket.

Permen ini mudah meleleh, dan menjadi lebih lengket jika terkena suhu tinggi. Makanan ini umumnya dijual di pinggir jalan, atau di warung dekat tempat tujuan wisata populer.