Share
Andreas Kronthaler Pamerkan Koleksi Fall/Winter 2024 Vivienne Westwood Bertajuk “The Tailor”
Putrika Annaya Salsabila
07 March 2024

Terinspirasi dari gaya Renaissance dan sportswear retro, Andreas Kronthaler hadirkan koleksi “The Tailor” untuk Vivienne Westwood F/W 2024.


Andreas Kronthaler, sosok kreatif di balik panggung Vivienne Westwood, kembali menciptakan panggung yang spektakuler untuk menyajikan koleksi terbaru label ini. Diberi judul "The Tailor”, koleksi Fall/Winter 2024 ini bukan hanya sekadar pakaian, tetapi sebuah perjalanan melintasi waktu, menarik inspirasi dari kisah cinta Kronthaler dan Westwood serta obsesi mereka terhadap sejarah.

Hasilnya? Sebuah pementasan yang memukau dengan deretan ready-to-wear bergaya modern-Renaissance.

VW FW 1

Dalam pernyataannya, Kronthaler merenung, "Apa tujuan membuat pakaian? Mereka seharusnya membuat Anda merasa baik. Di balik semua itu ada keinginan. Itulah yang ingin kami ciptakan. Ini adalah inti dari mode. Ketika saya bertemu Vivienne, saya benar-benar terpesona bahwa dia juga begitu tertarik pada sejarah seperti saya. Itu adalah hasrat pertama yang kami bagi."

Pendekatan ini membawa Kronthaler menjelajahi kostum Renaisans akhir setelah terinspirasi oleh pameran Giovanni Battista Moroni di Milan, yang membawanya kembali pada awal karyanya bersama Vivienne.

VW FW 2

Runway untuk memamerkan koleksi terbaru Vivienne Westwood ini juga mengundang kejutan, yaitu Sam Smith yang berjalan di atas panggung. Sementara itu, Kristen McMenamy, sebagai penutup pertunjukan, mengenakan gaun serba putih yang memancarkan keanggunan.

Selain memanfaatkan sejarah, Kronthaler juga merangkul sentuhan sportswear, menggabungkan drapery panjang dan siluet belakang terbuka dengan berbagai warna dan tekstur.

"Saya mendapatkan beberapa perlengkapan perlindungan olahraga dari seorang teman baik, dan saya bisa melihat adanya keterhubungan. Kami merujuk pada abad ke-17 dengan bermain pada bagian tertentu, dengan bahan yang terpotong dan tertusuk, lederhosen, celana pendek, dan doublet," jelasnya.

VW FW 3

Tentu saja, warna hitam yang mendominasi palet koleksi bukan hanya sebuah kebetulan.

"Anda melihat banyak warna hitam karena warna ini sangat modis pada saat itu. Kami mencintai warna ini. Selain praktis, warna hitam juga merupakan yang paling elegan di antara semua warna," tutup Kronthaler.