AMI Awards 2020 Anugerahi Melly Goeslaw Lifetime Achievement Award

Art & Culture01 December 2020

By Jodie Suherman

AMI Awards 2020 Anugerahi Melly Goeslaw Lifetime Achievement Award

Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards 2020, menganugerahi Melly Goeslaw penghargaan istimewa berupa Lifetime Achievement Award atas dedikasinya di industri musik Indonesia selama lebih dari 20 tahun.


Pada penyelenggaraan AMI Awards ke-23 yang digelar dalam suasana pandemi, salah satu musisi terbaik Indonesia, Melly Goeslaw diberikan penghargaan Lifetime Achievement Award, sebuah penghargaan bergengsi di dunia musik yang diberikan kepada sosok penting industri musik Indonesia.

Bukan tanpa alasan AMI Awards yang berlangsung pada 26 November 2020 lalu, memberikan penghargaan ini kepada Melly Goeslaw. Istri dari musisi Anto Hoed ini memberikan dedikasinya kepada musik Indonesia selama lebih dari 20 tahun dengan lebih dari 500 karya ciptaannya. Termasuk karya-karyanya di grup "Potret" serta tujuh album musik tema dan beberapa single untuk sinetron yang membuatnya dijuluki sebagai "Ratu Soundtrack".

Dalam acara tersebut, Melly Goeslaw tampak anggun mengenakan outfit serba hitam saat mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan spesial yang diterimanya. Selain ucapan terima kasih kepada orang-orang terkasih, Melly Goeslaw juga memberikan pesan kepada musisi muda lainnya, “Berkaryalah dengan pemikiran di kepala. Bukan bagaimana kamu terkenal, tapi bagaimana kamu dikenal. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh” tutupnya di panggung AMI Awards 2020.

Penyanyi yang akrab disapa "Teh Melly" ini selain mahir menyanyi dan membuat lagu, ia juga hebat saat membuat album soundtrack film, akting melalui video klipnya, menulis hingga menjadi produser film. Selain membuat lagu untuk beberapa film dan sinetron, Melly Goeslaw juga banyak menciptakan lagu-lagu yang meroket melalui vokal Agnez Mo, Ari Lasso, Krisdayanti, Rossa hingga Siti Nurhaliza. Bahkan lagu "Biarlah Rahasia" yang dinyanyikan Siti Nurhaliza berhasil meraih penghargaan pada kategori Lagu Terbaik di Anugerah Planet Muzik 13 tahun silam.