Share
AMERO Jewellery Jadi Brand Perhiasan Indonesia Pertama Tampil Di NYFW Official S/S 2023
Novita Angelina
17 September 2022

Berita membanggakan kembali hadir dari anak bangsa. Sebuah brand perhiasan emas asal Indonesia, AMERO Jewellery untuk pertama kalinya berpartisipasi di salah satu ajang pertunjukkan mode terbesar di dunia, New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023 menampilkan koleksi Lavani “Borobudur Series” pada 11 September 2022.


Tahun ini, AMERO Jewellery yang memiliki visi untuk membawa hasil karya tangan terampil anak bangsa dan kekayaan budaya Indonesia ke dunia internasional, secara bangga berkolaborasi dengan brand fashion Alleira untuk menampilkan rangkaian koleksi terbaiknya di acara New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023. AMERO Jewellery meyakini bahwa masing-masing dari mereka sama-sama ingin mengusung kekayaan budaya Indonesia ke dunia internasional, serta membawa pesan kemanusiaan dan cinta kasih pada setiap filosofi produk mereka.

Pada pertunjukan kolaborasi Alleira Carys Care x AMERO Jewellery di pagelaran New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023, mereka menampilkan total sepuluh looks hasil kurasi antar kedua brand tersebut. Yang menariknya juga, look pertama mereka dibawakan oleh seorang anak down syndrome yang tampil dengan sangat percaya diri membawakan koleksi Alleira Carys Care x AMERO Jewellery di salah satu panggung runway paling bergengsi di dunia.

Koleksi perhiasan AMERO Jewellery yang ditampilkan pada pagelaran New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023 yaitu Lavani “Borobudur Series” yang inspirasinya diangkat dari tempat lahirnya AMERO Jewellery di kota Magelang. Di kota inilah terdapat salah satu keajaiban dunia yang membanggakan yaitu Candi Borobudur. Candi Borobudur bukanlah hanya arsitektur atau tumpukan batu Lava, namun pada reliefnya menceritakan tentang makna hidup, kedamaian, dan cinta kasih. Nilai-nilai tersebut yang ingin diperkenalkan AMERO Jewellery dalam koleksi Lavani “Borobudur Series” yang dipertunjukkan pada perjalanan mereka ke Amerika kali ini.

Nama Lavani sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki arti mengenai keanggunan. Melalui koleksi Lavani ini, AMERO Jewellery menuangkan keindahan arsitektur Borobudur dan juga nilai-nilai yang ingin disampaikan oleh Borobudur dalam setiap reliefnya. Lavani juga secara intrinsik mewakili ketulusan wanita yang menghargai nilai-nilai kehidupan dan kemanusiaan sekaligus menyerukan penghormatan kepada kekayaan budaya Indonesia yang tidak lekang oleh waktu.

“Lavani bukan hanya sebuah perhiasan. Lavani juga bukan hanya sebuah karya seni, namun Lavani adalah gaya hidup. Gaya hidup dengan budaya Indonesia,” ungkap Peter Aguswijaya selaku Chief Executive Officer dari AMERO Jewellery.

AMERO Jewellery sebenarnya sudah sejak lama memiliki mimpi besar untuk tampil di ajang pertunjukkan fashion internasional, namun mimpinya sempat tertunda karena pandemi yang melanda. Momen tersebut akhirnya menjadi pacuan serta dorongan bagi AMERO Jewellery untuk untuk terus maju dan bergerak menghasilkan karya terbaik, termasuk dalam mempersiapkan pertunjukkan mereka di New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023. Apalagi produk Lavani by AMERO ini membutuhkan waktu dan ketelitian serta skill yang lebih rumit dalam proses pembuatan agar menghasilkan perhiasan yang sempurna dan karena Lavani bertujuan membawa nama baik seni budaya Indonesia.

Pada rangkaian koleksi Lavani ini, AMERO Jewellery bekerja sama dengan pengrajin dan designer lokal yang merupakan asli penduduk sekitar Borobudur. Mereka adalah seniman Indonesia yang sangat bertalenta, dan memiliki mimpi yang besar. Walaupun tidak dipungkiri, untuk menghasilkan perhiasan Lavani, terkadang para pengrajin juga merasa lelah karena diperlukan detail dan skill yang harus maksimal. Namun semuanya itu berbuah indah dengan penampilan terbaik AMERO Jewellery di New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023.

“Ketika grand launching kami di Borobudur “Simfoni Lavani” 12-14 August di Taman Lumbini Borobudur, semua designer dan pengrajin kami yang membantu dalam pelaksanaan pagelaran menangis terharu, bahkan saat menginjakan kaki pertama kali ke area pagelaran. Kami teringat perjuangan kami mulai pagi sampai malam selama bertahun-tahun akhirnya mulai terwujudkan. Karena akhirnya mimpi AMERO untuk membawa hasil karya dan seni budaya Indonesia untuk semakin dicintai di dalam negeri bahkan di mancanegara mulai diwujudkan. Sejak saat itu kami semakin bersemangat untuk mencapai visi kami, dan mencintai yang kami kerjakan,” cerita Andrew Surya Wijaya, Marketing Director dari AMERO Jewellery.

Selain tampil pada New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023, sebagai bagian dari rangkaian perjalanan ke Amerika Serikat kali ini, pada tanggal 14 September 2022, AMERO Jewellery bersama dengan Alleira juga tampil pada Indonesia Night di Kedubes RI, Washington DC. Acara ini dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani dan sang istri, Ayu Rosan serta beberapa designer lain yang juga tampil pada New York Fashion Week.

Di hari berikutnya, yaitu di tanggal 15 September 2022, AMERO Jewellery mengadakan private revealing koleksi Lavani “Borobudur Series” dalam acara dinner bersama beberapa public figure Indonesia maupun Amerika Serikat, seperti Luna Maya, Laksmi De-Neefe Suardana, Fitri Carlina serta beberapa influencer New York, seperti Stefania Brunettiis, Eileen Rhein, dan Michelle Song.

Setelah dinner, para influencers diajak menuju ke Times Square, Manhattan, New York City untuk menyaksikan Billboard Revealing AMERO Jewellery. Pada layar Billboard ditampilkan gambaran keindahan candi Borobudur, yang menjadi konsep dalam koleksi Lavani “Borobudur Series”. Melalui tayangan billboard di Times Square, AMERO Jewellery tidak hanya bertujuan untuk memperkenalkan Lavani, namun juga mengembalikan kejayaan Candi Borobudur yang pernah dikenal menjadi salah satu keajaiban dunia.

"Sekarang aku lagi di Time Squre. Aku sangat excited dan tidak sabar untuk melihat AMERO Jewellery yang akan ada di Billboard Time Square. Dan yang serunya lagi, AMERO Jewellery menjadi perhiasan pertama Indonesia yang tampil pada New York Fashion Week Official Spring/Summer 2023 dengan koleksinya yang bernama Lavani. Inspirasi koleksi ini dari Borobudur Indonesia. So beautiful dan sangat ringan serta terlihat keren ketika dipakai. So good!" ungkap Luna Maya saat melihat penampilan AMERO Jewellery di Billboard Time Square.

Rangkaian perjalanan AMERO Jewellery ke Amerika Serikat kali ini akan dapat disaksikan melalui channel YouTube AMERO Jewellery.