Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Agar Kuat dan Langgeng, Inilah Kiat Menjalani LDR dengan Nyaman bersama Pasangan

Relationship22 October 2021

By Annisa Indah

Agar Kuat dan Langgeng, Inilah Kiat Menjalani LDR dengan Nyaman bersama Pasangan

Ada kalanya kondisi tidak memungkinkan untuk suatu pasangan untuk hidup dan tinggal di tempat yang sama dan terpaksa untuk LDR (Long Distance Relationship). Sebagian pasangan menjadikan hubungan jarak jauh sebagai sarana memperkuat kepercayaan, sedangkan bagi pasangan lain, LDR menjadi pemicu awal kerenggangan. Dilansir dari Riliv sebagai penyedia konseling dan pendukung kesehatan mental, berikut adalah kiat-kiat untuk menjaga kebahagiaan di saat LDR dengan pasangan.


Long Distance Relationship dapat menjadi tantangan dalam suatu hubungan. Namun, LDR dapat tetap berhasil dengan komunikasi yang jujur dan terbuka, walaupun frekuensi perjumpaan dan kontak fisik sangat kurang.

Berikut adalah kiat-kiat agar Anda dapat tetap nyaman dan bahagia menjalankan LDR bersama pasangan.

1. Saling percaya

Kepercayaan pada satu sama lain adalah pondasi dari hubungan LDR yang kuat dan langgeng. Mulailah dengan meyakini bahwa ia juga menaruh kepercayaan terhadapmu.

2. Komunikasi yang baik

Komunikasi adalah kunci, terlebih dalam hubungan LDR. Komunikasi yang menggunakan perantara seperti laptop atau gawai akan menimbulkan lebih banyak kesalahpahaman daripada komunikasi tatap muka.

3. Jadikan LDR sebagai sebuah “ujian"

Berhentilah berpikir bahwa LDR adalah sebuah hambatan yang harus disingkirkan dalam hubungan Anda. Mulailah mengadopsi mindset ini: Anda yang kuat menghadapi LDR bersama pasanganmu juga akan membuat hubungan itu lebih kuat lagi.