9 Cara Kreatif Menyajikan Kentang Goreng Versi Berbagai Negara

Wine & Dine02 October 2020

By Rizka Putri Sonia

9 Cara Kreatif Menyajikan Kentang Goreng Versi Berbagai Negara

Apabila Anda jenuh dengan sajian kentang goreng yang hanya ditemani saus, maka cara kreatif dari negara lain ini dapat Anda coba.


Kentang goreng atau french fries bukanlah lagi makanan yang terdengar asing di telinga masyarakat dunia. Ketika bepergian ke belahan dunia mana pun, rasanya kita akan selalu menemukan kentang goreng, walaupun cara penyajiannya yang berbeda-beda.

Tidak hanya dipadukan dengan saus atau garam, berikut adalah cara beberapa negara membuat menu kentang gorengnya terasa lebih menarik.

1. Patatje Oorlog, Belanda

Belanda menamakan kentang goreng versi mereka dengan patatje oorlog. Kentang yang juga kerap dikenal sebagai Dutch War Fries ini disajikan dengan cara dilumuri mayonnaise, saus kacang yang creamy, juga bawang bombay.

2. Bacon Cheese Fries, Amerika Serikat

Kecintaan orang Amerika pada bacon dapat terlihat dari banyaknya bacon diletakkan pada setiap santapannya, dari burger, bacon wrap, hingga minuman sekali pun. Bacon cheese fries pun menjadi santapan yang tidak hanya terkenal di Amerika Serikat, namun juga hampir di seluruh dunia. Mereka memberikan saus keju di atas kentang gorengnya, kemudian menaburkan potongan bacon kecil di atasnya.

3. Patatas Bravas, Spanyol

Patatas bravas pada umumnya hanyalah kentang berbentuk kubus yang dimandikan oleh saus khusus yang mereka namai sebagai bravas sauce. Bravas sauce sendiri merupakan saus yang terbut dari minyak zaitun, bubuk paprika, tepung kanji dari jagung, kaldu, dan tomat. Hidangan ini biasa disantap oleh masyarakat Spanyol sebagai hidangan pembuka atau camilan.

4. Poutine, Kanada

Disajikan bersama keju cheddar, Poutine menjadi makanan yang cukup terkenal dan mudah ditemukan di Kanada. Saus kaldu daging yang melumuri hidangan ini membuat tekstur poutine terasa lembut dan garing ketika disantap.

5. Chipsi Mayai, Tanzania

Chipsi mayai pada dasarnya adalah fries-omelette. Santapan yang populer di Afrika Timur ini biasanya disajikan dengan daun bawang dan bubuk cabai atau saus cabai. Anda dapat mengkreasikan komposisi makanan ini sesuai dengan selera Anda, karena pada dasarnya chipsi mayai adalah kentang dengan telur.

6. Patso, Turki

Patso merupakan salah satu makanan yang terkenal di Turki karena kelezatannya. Kentang sandwich ala Turki ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Seporsi patso diisi dengan roti hotdog, kentang, keju, daging, serta topping lainnya seperti mayones dan saus.

7. Masala Chips, Kenya

Sajian kentang ala Kenya ini dibuat dengan dominasi rasa pedas pada bumbu yang melumuri kentang goreng. Bumbu tersebut dibuat dari campuran pasta tomat serta campuran rempah, seperti ketumbar dan bubuk cabai. Biasanya, kentang akan dibaluri oleh tepung kanji jagung terlebih dahulu untuk menciptakan tekstur yang lebih garing.

8. Cuban Frita Burger, Cuba

Masyarakat Cuba memiliki cara yang cukup unik dalam menyajikan kentang goreng ala mereka. Kentang dibuat dengan sangat tipis dan kering, hampir serupa dengan chips. Kentang tersebut kemudian disajikan sebagai topping dalam burger sehingga menciptakan adanya tekstur renyah dalam satu gigitan roti burger.

9. Loaded Greek Street Cart Fries, Yunani

Hidangan kentang ala Yunani ini cukup terkenal di masyarakat lokal maupun turis. Loaded Greek Street Cart Fries berisi kentang dengan saus tzaziki, daging, tomat, dan bawang.