7 Kesalahan dalam Bersepeda yang Membuat Anda Rentan Cedera

Wellness19 August 2020

By Rizka Putri Sonia

7 Kesalahan dalam Bersepeda yang Membuat Anda Rentan Cedera

Jika Anda sudah lama rutin bersepeda namun tidak merasakan adanya manfaat pada tubuh, kemungkinan besar Anda tidak mengetahui hal-hal penting yang perlu diketahui saat bersepeda.


Bersepeda kini tengah menjadi tren yang banyak digemari orang. Meski demikian, banyak pengendara yang masih belum mengetahui kesalahan yang dilakukan selama bersepeda. Alih-alih menjadi lebih sehat, tubuh Anda justru dapat cedera jika tidak mengetahui kesalahan-kesalahan umum berikut.

1. Tidak memilih sepeda sesuai dengan kebutuhan
[bicycling-com.jpg]
Pemilihan sepeda menjadi hal dasar yang perlu diketahui sebelum Anda menjadikan bersepeda sebagai gaya hidu[. Jenis sepeda yang salah dan tidak sesuai kebutuhan akan berpengaruh pada kesehatan tubuh.
Sebelum memilih, tentukan kebutuhan sepeda yang Anda perlukan. Jika Anda akan bersepeda di jalanan beraspal, pilihlah sepeda berjenis road bike yang dapat melaju dengan cepat. Sedangkan apabila Anda akan bersepeda pada jalanan yang cenderung berbatu, menanjak, dan menurun, gunakan sepeda gigi berjenis mountain bike. Pastikan pula sepeda yang dipilih sesuai dengan postur dan ukuran tubuh Anda.

2. Tidak mengenakan pakaian body fit

Menggunakan pakaian body fit atau agak ketat akan menambah gaya aerodinamis pada tubuh dan keselamatan diri. Dengan begitu, sirkulasi udara dalam tubuh selama bersepeda akan lebih lancar dan menghindari kemungkinan hal-hal tidak terduga seperti baju tersangkut dan lain sebagainya.

3. Memakai celana dalam

Kesalahan yang paling umum selama bersepeda adalah memakai celana dalam ketika sudah menggunakan bib short. Bib short didesain untuk dipakai langsung tanpa mengenakan celana dalam. Hal tersebut dapat mengakibatkan gesekan antara sadel dengan area sensitif, sehingga bisa menimbulkan luka dan infeksi.

4. Tidak mengenakan helm dan pelindung tubuh

Sama halnya seperti mengendarai motor, helm dan pelindung tubuh lainnya merupakan perkakas wajib yang perlu digunakan selama bersepeda. Pastikan menggunakan pelindung tubuh selama bersepeda sebagai bentuk perlindungan diri dan keselamatan meski hanya bersepeda santai.

5. Posisi kaki saat memutar pedal mengangkang

Meski terdengar sepele, posisi kaki saat memutar pedal menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Posisi kaki mengangkang dapat membahayakan kaki hingga menimbulkan cedera pada area lutut dan pergelangan kaki. Maka, pastikan posisi kaki serta lutut Anda lurus atau sedikit masuk ke dalam saat memutar pedal.

6. Mengerem di waktu yang tidak tepat

Terlambat mengerem menjadi kesalahan umum yang sering dilakukan oleh para pengemudi sepeda. Apabila hendak berbelok atau mendekati tikungan, pastikan sepeda Anda masih dalam keadaan lurus saat direm. Mengerem saat sepeda sudah berbelok sangat berbahaya karena pengemudi sedang berada dalam posisi miring. Maka, jika sepeda berhenti, besar kemungkinan Anda akan tergelincir dan ini sangat berbahaya.

7. Terlalu banyak berhenti

Banyak pengemudi yang telah bersepeda dalam jangka waktu lama namun merasa tidak banyak manfaat yang didapat. Terlalu banyak berhenti saat bersepeda bisa menjadi penyebabnya. Optimalkan waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan jarak tempuh dari target Anda. Jangan sampai waktu Anda berhenti dan mampir ke suatu tempat menjadi lebih lama ketimbang waktu bersepeda.