Share
7 Karya Ikonik oleh Paco Rabanne, Fashion Designer asal Spanyol
Jasmine Ayunda
06 February 2023

Dunia fashion tengah berduka dengan tutup usianya designer Paco Rabanne pada usia 88 tahun.


Francisco “Paco” Rabadena Cuervo, dikenal sebagai Paco Rabanne, seorang perancang couture asal Spanyol yang lahir pada 18 Februari 1934. Kariernya dalam industri fashion dimulai ketika merancang perhiasan di sejumlah rumah mode tersohor, sebut saja Balenciaga, Dior, dan Givenchy. Ibu Rabanne adalah kepala penjahit di Balenciaga di Spanyol.

Pada tahun 1965, Paco meluncurkan lini busana miliknya dengan memamerkan dua belas pakaian kontemporer, berjudul ‘The Unwearables’. Saat itulah ia memperkenalkan gaun pertamanya yang terbuat dari plastik. Pada tahun 1966, ia mendirikan bisnisnya sendiri dan memanfaatkan bahan-bahan seperti plastik, kertas, dan logam untuk desainnya yang unik dan mencolok. Meskipun dengan latar belakang pendidikan dalam bidang arsitektur, ia menjadi populer sebagai 'l'enfant terrible’ selama tahun 1960-an di dunia tren dan mode. Banyak dari desainnya memiliki sentuhan arsitek di dalamnya dan inilah yang membuat desainnya menonjol.

Pada tahun ‘60-an Paco Rabanne diminati sebagai perancang kostum untuk bioskop, teater, dan balet. Pada tahun ‘70-an, Paco Rabanne adalah orang pertama yang menggunakan gadis kulit hitam sebagai model, yang saat itu dianggap tidak biasa. Salah satu pakaiannya yang paling terkenal adalah kostum Jane Fonda dalam film fiksi ilmiah "Barbarella" pada tahun 1968. Pada tahun 1968 pula, kolaborasi dengan perusahaan Puig dimulai, dan sebagai hasilnya, parfum Paco Rabanne mulai dipasarkan. Pada tahun 1976, perusahaan tersebut mendirikan pabrik parfum di Chartres, Perancis. Sejak saat itu, wewangiannya dikenal di seluruh dunia hingga sekarang.

Bahkan setelah kepergiannya, jejaknya di industri fashion akan membuka jalan bagi calon desainer dan menjadi inspirasi cemerlang bagi semua orang. HIGHEND telah mengumpulkan 7 karya ikonik oleh Paco Rabanne. Berikut pilihan karya ikonik sang l’enfant terrible;