Share
7 Jenis Makanan Ini dapat Mengenyangkan dan Beri Energi Lebih saat Puasa
Dewi Anggriani Siregar
09 April 2022

Saat berpuasa, tubuh membutuhkan asupan energi dan stamina yang cukup. Oleh karena itu, sangat penting untuk memerhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi saat sahur dan berbuka. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama.


Jenis makanan yang mengenyangkan biasanya mengandung banyak serat dan protein. Tidak hanya mengenyangkan, makanan-makanan ini juga mengandung nutrisi-nutrisi penting yang membuat tubuh lebih berenergi saat menjalani ibadah puasa. Berikut beberapa rekomendasi makanan yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama saat berpuasa.

Oatmeal

Oatmeal memiliki kandungan protein dan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan Anda energi dan membuat Anda kenyang lebih lama. Makanan dari gandum ini sangat cocok Anda santap dengan tambahan madu, susu, almond, dan buah-buahan segar.

Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis makanan yang sering digunakan untuk menggantikan nasi putih. Sama seperti oatmeal, kentang juga mengandung karbohidrat, protein dan serat yang tinggi. Anda dapat menyantap kentang saat sahur dengan cara direbus atau digoreng. Jika menginginkan manfaat lebih, Anda bisa memasak kentang bersama kulitnya. Kentang yang dimasak bersama kulitnya mengandung vitamin baik termasuk vitamin C dan potasium.

Telur

Sudah bukan rahasia lagi bahwa telur merupakan salah satu sumber protein tinggi, termasuk 9 jenis asam amino esensial. Kaya akan protein dan lemak, telur bisa membantu Anda kenyang lebih lama saat berpuasa.

Sup

Sup merupakan salah satu jenis makanan mengenyangkan yang bisa Anda jadikan pilihan sebagai menu sahur. Mengandung banyak jenis sayur serta kandungan nutrisi dan air di dalamnya, sup dapat memberikan Anda energi lebih dan mengenyangkan.

Daging

Daging ikan, sapi, ataupun ayam mengandung protein yang tinggi dan cocok dijadikan sebagai hidangan sahur Anda. Kandungan protein yang tinggi dapat membantu proses metabolisme untuk menghasilkan energi.

Beras Merah

Beras merah kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat dijadikan pengganti nasi putih. Dijamin Anda akan kenyang lebih lama ketika mengonsumsi beras merah saat sahur.

Buah-buahan

Kandungan mineral dan vitamin yang terdapat di dalam buah-buahan dapat memberikan energi kepada tubuh Anda saat sedang berpuasa. Serat yang tinggi dapat membantu pencernaan sehingga merasa kenyang lebih lama. Buah-buahan juga dapat membuat Anda lebih berenergi dan terhidrasi.