7 Aplikasi Edukatif Terbaik, Penyelamat Para Orang Tua di Rumah

Tech & biz15 April 2020

By Larasati Oetomo

7 Aplikasi Edukatif Terbaik, Penyelamat Para Orang Tua di Rumah

Mengasuh anak usia sekolah dasar selama berada di rumah lama-kelamaan dapat membuat Anda kehabisan ide. Adakah cara untuk mengedukasi sekaligus mengajak bermain anak tanpa perlu putar otak?


Selain mengikuti kelas jarak jauh dari sekolahnya, Anda dapat mengandalkan gawai pintar untuk membantu anak Anda belajar di rumah tanpa merasa bosan. Beberapa aplikasi di gawai pintar saat ini telah menawarkan begitu banyak permainan dan program edukasi terutama untuk anak usia sekolah dasar.

Meski demikian, Anda tentu tidak punya waktu untuk mencoba setiap aplikasi untuk memastikan bahwa ia aplikasi yang aman dan tepat untuk anak Anda. Beberapa pilihan aplikasi edukasi di bawah ini tidak hanya direkomendasikan banyak orang tua, ia juga disukai anak dan yang terpenting dapat secara efektif membantu proses belajar anak. Anda dapat menyesuaikan dengan subjek favorit anak dan kebutuhan perkembangannya, mulai dari belajar membaca, sains, kerajinan tangan, hingga matematika dan aljabar.

ABCmouse

Aplikasi pemenang penghargaan ini dipenuhi dengan berbagai aktivitas yang tidak habis-habis untuk dieksplorasi, mulai dari animasi, buku, puzzle, gim, hingga pola mewarnai yang bisa dicetak. Terdapat pula kebun binatang, akuarium, dan peternakan interaktif. Semua gim dapat menyesuaikan tahap perkembangan anak mulai dari usia 2 hingga 8 tahun.

ReadingIQ

Sudah mulai kehabisan bahan bacaan di rumah? Apabila anak Anda tengah belajar membaca atau belajar Bahasa Inggris, ReadingIQ menyediakan ribuan e-book yang dapat menyesuaikan tahap perkembangan membaca mulai dari usia 2 hingga 12 tahun. Terdapat pula panduan membaca dan rekomendasi bacaan untuk membantu fokus membaca.

DIY.org

DIY.org merupakan platform berbasis komunitas di mana anak-anak dan guru dapat berbagi video proyek kerajinan tangan hingga sains yang mudah diikuti di rumah. Selain baik untuk perkembangan sensori-motorik anak, platform ini dapat menstimulasi aktivitas orang tua-anak di rumah. Ditambah lagi, Anak Anda juga dapat mengunggah video karyanya dan membagi ilmu ke yang lainnya.

EdPlus Kids

Aplikasi baru ini dikembangkan oleh ahli-ahli pendidikan dari Oxford University dengan pertanyaan yang direkam oleh figur muda terkenal seperti medalis emas olimpiade Rebecca Adlington. EdPlus Kids menstimulasi pembelajaran berbasis peer group di mana anak-anak dapat saling mengajukan pertanyaan kuis dalam berbagai subjek.

Elmo Loves 123s

Siapa anak-anak yang tidak menyukai Elmo? Kini, Elmo dan kawan-kawan dapat membantu anak belajar melalui video dan gim interaktif dalam Elmo Loves 123s. Kisah-kisah yang dibawakan oleh Elmo cs. tidak hanya edukatif, namun juga jenaka dan penuh nilai kebersamaan.

Science360

Bagi anak yang gemar sains namun tidak dapat mengikuti tur studi ke pusat-pusat sains, Science360 membawa pengalaman alam bebas di rumah dalam format 360 derajat! Anak dapat bergabung dalam penjelajahan virtual melalui video berkualitas tinggi lengkap dengan fakta-fakta menarik yang mengikutinya. Perpustakaan video dalam aplikasi ini diperbarui setiap minggunya.

DragonBox Numbers & DragonBox Algebra

Visual ala gim komputer dan konsep gamifikasi yang dikemas dalam DragonBox dijamin dapat menyembuhkan “alergi” matematika pada anak Anda. Aplikasi yang amat populer ini dapat menyesuaikan tahap pembelajaran matematika anak, mulai dari pengenalan angka dan aritmetika sederhana hingga aljabar untuk usia 5 tahun ke atas dan 12 tahun ke atas.